blank
Sekda Joko Budiyono secara simbolis menyerahkan bantuan logistik kepada para korban, diterima Tumidjan, (Humas Pemkot Magelang)

 

MAGELANG – Sedikitnya 14 rumah di Kampung Ndalangan, Kelurahan Kramat Utara, Kecamatan Magelang Utara rusak, akibat musibah angin kencang. Tiga rumah di antaranya rusak parah pada bagian atap teras rumah dan dapur.

Bencana angin kencang yang terjadi Senin (21/10)mengakibatkan sebagian besar rumah rusak bagian atapnya.

Untuk meringankan beban para korban, Sekda Kota Magelang Joko Budiyono Selasa (22/10) menyerahkan bantuan  logistik di lokasi bencana.

‘’Saya ingin melihat lokasi yang kemarin terkena musibah angin kencang. Saya dapat laporan ada beberapa rumah yang rusak. Tapi Alhamdulillah, warga sendiri sudah melakukan perbaikan sendiri,’’ katanya.

Meski begitu Joko akan melakukan pendataan rumah-rumah yang terdampak angin kencang untuk kemudian dikaji lebih lanjut, termasuk kemungkinan mendapat bantuan dari Pemkot Magelang.

‘’Nanti kita akan koordinasikan supaya kalau ada (bantuan) akan kita salurkan. Kami juga akan menerjunkan Satpol PP untuk membantu warga memperbaiki rumah,’’ tuturnya.

Sejauh ini, lanjut Joko, berdasarkan pantauannya tidak ada rumah yang rusak berat. Sebagian besar rumah rusak pada bagian atap.

 

blank
Sekda Kota Magelang Joko Budiyono meninjau rumah yang rusak akibat bencana angin kencang, (Humas Pemkot Magelang)

 

Atas musibah tersebut, dia menyampaikan keprihatinannya dan berharap para korban tidak larut dalam kesedihan. Dia juga mengimbau warga  Kota Magelang untuk tenang, namun meningkatkan kewaspadaan karena bencana alam bisa datang sewaktu-waktu.

Pada hari yang sama, jajaran Polres Magelang Kota juga menyerahkan bantuan material bangunan berupa atap asbes. Kapolres Magelang Kota AKBP Idham Mahdi menyerahkan langsung bantuan tersebut kepada para korban.

Dia menerangkan, akibat bencana angin kencang sedikitnya 14 rumah di Kampung Ndalangan rusak.  Tiga di antaranya rusak parah pada bagian atap teras rumah dan dapur.

‘’Titik lokasi yang terdampak bencana hanya di beberapa RW kelurahan Kramat Utara, semoga tidak merembet lebih luas,’’ ungkapnya.

Selain bantuan material, pihaknya juga menerjunkan sejumlah anggota untuk ikut bergotong-royong memperbaiki rumah. Mereka akan bergabung dengan petugas Satpol PP Kota Magelang.

‘’Ini bentuk bakti sosial kita kepada masyarakat yang tertimpa musibah,’’ pungkasnya. (hms)

Editor : Doddy Ardjono