blank
Ketua DPRD Kota Magelang, Budi Prayitno, (Humas Pemkot Magelang)

blank

MAGELANG – Setelah pimpinan DPRD  definitive diambil sumpah jabatan, langsung dilanjutkan dengan pembentukan alat kelengkapan (alkap) dewan masa bakti  2019-2024 beberapa hari lalu  (26/9).

Ketua DPRD Kota Magelang, Budi Prayitno menerangkan, pembentukan alkap dilakukan langsung setelah dirinya resmi menjabat ketua dewan dalam rapat paripurna DPRD Kota Magelang.

Menurutnya, meskipun masih ada satu unsur pimpinan dewan yang belum diambil sumpah jabatannya karena masih menunggu keputusan Gubernur Jawa Tengah, yakni Bustanul Arifin sebagai wakil ketua, hal itu tidak apa-apa dan semuanya berjalan lancar dan cepat.

‘’Penyelesaian alkap memang terbilang cepat, karena mengejar waktu sebelum massa aksi demonstrasi dari Aliansi Magelang Bergerak (AMB) sampai di kantor dewan. Segenap anggota pun dapat menerima hasilnya, sehingga lebih cepat dalam bekerja,’’ tuturnya.

Alkap yang terbentuk antara lain Komisi A, B, dan C. Selanjutnya Badan Anggaran (Banggar), Badan Musyawarah (Banmus), Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) dan Badan Kehormatan (Bahor).

Dari tiga komisi yang ada semua diketuai oleh anggota dari Fraksi PDIP. Antara lain Ketua Komisi A Iwan Soeradmoko dengan wakil Adi Chandra (FKB), sekretaris Atang Kustiono (FPDIP), dan anggota Tyas Anggraeni (FPDIP), Saleh Nahdi (FPD), Ahmad Widodo (FPKS), dan Ventje Jehezkiel (FPG).

Ketua Komisi B Stin Syahyutri dengan wakil Imam Indra (FKB), sekretaris Titiek Utami (FPG), dan anggota Aji Setiawan (FPDIP), Kevin (FPDIP), YIG Marjinu (FPD) dan Hadiono (FPKS).

Ketua Komisi C Evin Septa dengan wakil Joko Mei (FPDIP), sekretaris Salaffudin (FKB) dan anggota Nieke (FPDIP), HIR Jatmiko (FPDIP), Waluyo (FPD), Imam Musaechoni (FPKS) dan Muh Harjadi (FPG).

Selanjutnya Banggar ditempati Stin Syahyutri, Evin Septa, Iwan Soeradmoko, Nieke, YIG Marjinu, Ahmad Widodo, Ventje, Sallaf dan ex officio pimpinan dewan.

Banmus diisi Joko Mei, Aji Setiawan, Atang Kustino, Kevin, Waluyo, Hadiyono, Titiek Utami, Adi Chandra, ex officio pimpinan dewan dan sekwan (bukan anggota).

Sementara Bapemperda ditempati Evin Septa, Joko Mei, Iwan Soeradmoko, Tyas Anggraeni (wakil ketua), Saleh Nahdi, Imam Musaechoni, Muh Harjadi (ketua) dan Imam Indra. Badan Kehormatan ditempati Waluyo (ketua), Achmad Widodo (wakil) dan HIR Jatmiko (anggota).

Sebelumnya, sudah terbentuk fraksi-fraksi, yakni Fraksi PDIP (PDIP dan Hanura) dengan ketua Joko Mei, Fraksi PKS (PKS dan Gerindra) ketua Bustanul Arifin, Fraksi Partai Demokrat (PD dan Perindo) ketua YIG Marjinu, Fraksi Partai Golkar ketua Titiek, dan Fraksi Kebangkitan Bangsa (PKB) ketua Salaffudin.

‘’Seperti sambutan Wali Kota Magelang saat pelantikan anggota DPRD terpilih, kita diminta untuk gas pol dalam menjalankan tugas. Utamanya mengawal pembangunan dan terpenting menunaikan amanah rakyat,’’ tutur Udik panggilan akrabnya. (hms)

Editor : Doddy Ardjono