blank
Teemu Pukki/dok

NORWICH – Tak diunggulkan, tapi Norwich City malah membuat sensasi pada pekan kelima Liga Primer Inggris musim 2019-2020. The Canaries (Si Kenari) sukses membungkam juara bertahan Manchester City 3-2 dalam pertandingan di Carrow Road, Minggu (15/9) dini hari WIB. Tiga gol pasukan tuan rumah dicetak Kenny McLean pada menit ke-18, Todd Cantwell (28), dan Teemu Pukki (50). Sementara dua gol The Citizens dihasilkan Sergio Aguero pada menit ke-45 dan Rodri (88).

”Melawan salah satu tim terbaik di dunia saat banyak pemain kami yang mengalami cedera adalah hal yang luar biasa. Sejak awal kami sudah mempersiapkan fisik dan mental,” ungkap Manajer Norwich Daniel Farke. Bintang lapangan Si Kenari adalah Teemu Pukki. Striker 29 tahun asal Finlandia ini total menyumbang satu gol dan sebuah assist. Itu adalah gol keenam Pukki, dan assist pertamanya di Premier League musim ini. Dia sudah membobol gawang tim-tim besar, yakni Liverpool, Chelsea, dan The Citizens.

Pukki merupakan striker yang mematikan di kotak penalti. Keenam golnya dicetak di area 16 meter itu. “Teemu selalu mementingkan tim, itulah mengapa dia layak mendapat apresiasi. Dia begitu brilian, bukan hanya karena golnya, melainkan juga tingkat kinerjanya,” tutur Farke.

Di kubu City, duet bek tengah yang diisi John Stones dan Nicolas Otamendi tampil di bawah form. Kesalahan barisan pertahanan berperan dalam kekalahan Manchester Biru. Paduan Stones dan Otamendi tak menunjukkan kesolidan. Meski kinerja lini belakang buruk, manajer Pep Guardiola enggan menyalahkan skuadnya. Menurut dia, kesalahan mereka manusiawi. (rr)