blank
Wakil Bupati Kebumen Arif Sugiyanto didampingi Kabag Humas Setda Budhi Suwanto berdialog dengan para wartawan di Balai Wartawan Kebumen, Jumat 9/8. (Foto:Suarabaru.id/Ist)

KEBUMEN – Wakil Bupati Kebumen H Arif Sugiyanto SH Jumat pagi (9/8) mendadak menyambangi Balai Wartawan di Jalan Mayjen Sutoyo. Wakil Bupati sempat melihat ruangan kerja awak media dan mengelilingi halaman Balai Wartawan di barat Pendapa Rumah Dinas Bupati Kebumen.

Semula Wakil Bupati yang mengenakan pakaian olah raga itu tiba di Balai Wartawan sekitar Pukul 09.00 hanya ditemani ajudan Agus Fendi. Beberapa saat kemudian Kabag Humas Setda Drs Budhi Suwanto MSi ikut menyusul. Sedangkan awak media yang menerima kunjungan tersebut antara lain Ketua PWI Kebumen Bagus Sukmawan, Sekretaris Supriyanto, Wakil Ketua Nanang W Hartono, Komper Wardopo (Suarabaru.id), Mohammad Tohri (Ratih TV), Wahyu Kurniawan (TV One), Cahyo Kuncoro (Kebumen Ekspres) serta wartawan media cetak, televisi dan on line.

Menurut Arif Sugiyanto, kunjungan ke Balai Wartawan itu untuk bersilaturahmi agar bisa lebih dekat dengan para awak media. Sebab sejak ia menjabat sebagai wakil bupati 29 April lalu baru bisa menyempatkan datang ke Balai Wartawan. Padahal sejak itu berbagai kegiatan telah diliput dan dipubilkasikan oleh awak media, baik media cetak, elektronik dan on line.

Dia berterima kasih kepada awak media yang telah banyak memberitakan dan mempublikasikan kegiatan pembangunan dan pemerintahan di Pemkab. Melalui kerja wartawan bermanfaat menyebarluaskan informasi pembangunan dan pemerintahan kepada masyarakat.

Budaya Gotong Royong

Wakil bupati mengakui, setelah duduk di birokrasi ada hal berbeda dengan saat masih dinas akif di kepolisian maupun sebagai pengusaha. Sebab ritme kerja birokrasi memang berbeda dan memerlukan pengawasan serta kontrol dan evaluasi.”Kalau di kepolisian atau dunia usaha, perintah pimpinan atau atasan harus dilaksanakan tanpa perlu ada pemantauan. Di birokrasi tetap memerlukan pengawasan guna memastikan semua program berjalan baik,”tandas dia.

Di sisi lain, Arif Sugiyanto pun terkesan dengan masyarakat Kebumen. Sebab selama kunjungan kerja ke desa-desa dan bertemu dengan masyarakat banyak menjumpai hal baru yang positif. Apalagi masyakat Kebumen dikenal amat bersahaja, namun memiliki sikap spiritual yang tinggi dan masih menjunjung budaya gotong royong serta tolong menolong. Modal tersebut akan memudahkan pelaksanaan pembangunan di pedesaan.

Wakil Bupati pun memuji kinerja birokrasi Pemkab Kebumen secara umum sudah baik. Dalam arti di setiap organisasi perangkat daerah (OPD) maupun di jajaran staf telah terjalin hubungan harmonis sehingga pimpinan tinggal memberikan arahan dan kebijakan karena semua program telah direncanakan dan dianggarkan.

Ketika wartawan menanyakan kesiapan maju pada Pilkada 2020, wakil bupati secara diplomatis hanya menjawab dengan senyuman. Memang belakangan ini semakin santer pada Pilkada September 2020 baik Bupati Kebumen KH Yazid Mafudz maupun Wakil Bupati Arif Sugiyanto akan sama-sama maju untuk meraih posisi sebagai orang nomor satu di Kabupaten Kebumen.
Suarabaru.id/Komper Wardopo