Bagikan
Donorkan Darah : Seorang warga mendonorkan darahnya di UDD PMI Grobogan, Selasa (11/6) malam. Pascahimbauan melalui media sosial, satu per satu warga datang ke PMI untuk mendonorkan darahnya secara sukarela. Foto: Hana Eswe.

GROBOGAN – Beredar pesan himbauan kepada masyarakat Kabupaten Grobogan melaui media sosial agar bersedia mendonorkan darahnya. Hal tersebut dibenarkan Kasie Pelayanan PMI, Gesit Kristyawan, Selasa (11/6) malam. Menurut Gesit, sapaan akrabnya, saat ini stok darah di PMI Grobogan mengalami kekosongan.

“Informasi tersebut memang benar adanya. Kebutuhan dalam akhir-akhir ini sangat luar biasa sekali,” ujar Gesit saat dikonfirmasi.

Menurut penuturannya, dalam keadaan normal stok darah dari masing-masing golongan darah aman di atas 25 kantong. Namun, pascalebaran stok darah mengalami kekosongan. Ada beberapa warga yang sudah mendonorkan darahnya.

“Kami lakukan himbauan ini melalui informasi kepada masyarakat melalui media sosial yaitu FB dan WA. Selain itu, kami sudah menghubungi langsung ketua PMI terpilih, Pak Soemarsono terkait dengan himbauan ini,” ujar Gesit.

Sementara itu, Ketua PMI Grobogan terpilih Moh Soemarsono membenarkan saat ini PMI Grobogan sedang mengalami kebutuhan darah untuk persediaan. Bahkan, pria yang juga menjabat sebagai Sekda Grobogan ini mengimbau kepada seluruh kepala SKPD untuk sukarela mendonorkan darahnya.

“Karena kemarin saat libur lebaran ternyata banyak yang membutuhkan, jadi stok darah untuk beberapa jenis golongan darah kosong. Ini sudah kita umumkan melalui berbagai grup, termasuk grup WA para kepala SKPD. Insya Allah sudah banyak respon yang masuk. Kita lihat perkembangannya hari ini, semoga banyak pendonor yang menyumbangkan darahnya hari ini,” kata Soemarsono, Rabu (12/6).

Hingga pukul 08.00 WIB, Rabu (12/6) tercatat stok darah di PMI Kabupaten Grobogan total berjumlah 19 kantong. Jumlah tersebut terbagi dalam golongan darah A sebanyak 3 kantong, golongan darah B sebanyak 8 kantong, golongan darah O (4 kantong) dan golongan darah AB (4 kantong). Menurut Gesit, jumlah tersebut akan berubah sewaktu-waktu. Pihaknya terus meminta kepada masyarakat agar bersedia dengan sukarela mendonorkan darahnya supaya stok darah tetap aman.

“Mohon kiranya masyarakat berkenan mendonorkan darahnya. Silakan langsung datang ke UDD PMI Kabupaten Grobogan di Jalan PA Tendean 5A Purwodadi,” pungkas Gesit.

suarabaru.id/Hana Eswe.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here