Bagikan
Vanili masuk keluarga anggrek namun menghasilkan buah yang harum, yang biasa digunakan untuk pewangi makanan. Foto: Dok

TEMANGUNG – Mengembangkan benih vanili lokal besertifikasi adalah upaya yang dilakukan untuk mengembalikan kejayaan Temanggung sebagai penghasil bahan pewangi manganan itu. Seperti diketahi, Temanggung pada masa lalu pernah mengalami kejayaan dengan produk vanilinya.

Kepala Bidang Perkebunan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Temanggung Untung Prabowo mengatakan, kerja sama dengan Balittro Bogor dalam untuk dilakukan penelitian, agar vanili lokal Temanggung bisa besertifikasi. Menurutnya, untuk peredaran benih vanili harus besertifikat atau berlabel dengan surat keputusan Menteri Pertanian dan sampai sekarang vanili Temanggung belum memiliki sertifikat.

Pihaknya saat ini sedang berupaya mengusahakan agar vanili lokal Temanggung dapat mengantongi sertifikat. “Kami  sedang melakukan persiapan memproduksi vanili unggul lokal melalui pembangunan kebun benih. Persiapan tersebut, telah kami lakukan sejak 2018 lalu,” katanya.

Untung menambahkan, untuk mendapatkan sertifikat tersebut, harus dipenuhi berbagai persayaratan. Antara lain memiliki luas kebun sekurangnya 0,5 hektar, tanaman minimal umur tiga tahun, belum pernah berbuah, dan jumlah tanaman minimal 2.500 batang. “Dalam persiapan kebun benih tersebut akan memperbanyak vanili yang tumbuh di Desa Kandangan dan juga  menyiapkan lahan sumber benih,” katanya.

Pihaknya juga sedang melakukan pendataan jumlah tanaman vanili di tingkat petani. “Namun, banyak petani seolah-oleh merahasiakan tanaman vanilinya karena faktor keamanannya,” katanya.

Vanili tiak bisa melakukan oenyerbukan sendiri, sehingga untuk mengawinkan putik dan serbuk sari harus dengan bantuan manusia. Foto: Ist

Vanili Khas Temanggung

Ia mengatakan,  di wilayah Kabupaten Temanggung identifikasi tanaman vanili dilakukan di lima  desa yang ada di lima kecamatan, yaitu Tlogorejo Kecamatan Temanggung, Desa Kandangan Kecamatan Kandangan,  Desa Ngropoh Kecamatan Kranggan,  Desa Gandon, Kecamatan Tembarak, dan Gandon  Kecamatan Kaloran.

Dari hasil identifikasi sementara,  diketahui tanaman vanili lokal Temanggung mempunyai sedikit perbedaan. “ Pada umumnya tanaman vanili memiliki daun memanjang dan ujungnya meruncing, namun berdasarkan identifikasi di Temanggung ditemukan daun vanili agak bulat,” katanya.

Suarabaru.id/Yon Bn

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here