Bagikan
Phil Foden/dok

NEWPORT – Manchester City memilih kalem meski masih bertahan di empat kompetisi. The Citizens menembus perempat final Piala FA selepas mengatasi tuan rumah Newport County 4-1 di Rodney Parade, Minggu (17/2) dini hari WIB. Gelandang berusia 18 tahun, Phil Foden, menyumbang dua gol. Dua gol lain dicetak Leroy Sane dan Riyad Mahrez. Balasan Newport dilesakkan Padraig Amond. Manchester Biru kini memburu empat gelar. Di Piala Liga Inggris, City akan menghadapi Chelsea pada partai puncak di Wembley, Minggu (24/2). Fernandinho dan kawan-kawan juga masih menjaga kans di Premier League dan Liga Champions.

Di Premiership, The Citizens bersaing ketat dengan Liverpool. Sementara pada babak 16 besar Liga Champions, mereka ditantang Schalke pada pertengahan pekan ini. Manajer City Pep Guardiola menyebut salah satu aspek terberat berjuang di empat kompetisi adalah adaptasi mentalitas. Pasalnya, level pertandingan tiap laga bisa sangat berbeda. Selain itu, ada potensi para pemain besar kepala. “Bermain di empat kompetisi berarti Anda harus beradaptasi dan mengubah mentalitas. Kami mesti tumbuh sebagai sebuah tim dan kesalahan besarnya adalah menganggap diri Anda lebih baik dari siapa pun,” ungkap Pep.

Menurut dia, untuk sukses timnya harus fokus dan tahan banting. Dia mengambil contoh kebangkitan Manchester United yang mengejutkan akhirnya terhenti selepas dihancurkan Paris Saint-Germain. ”Anda harus tetap tenang, dan selalu siap,” tegas Pep.

Mantan pelatih Barcelona dan Bayern Munich ini tak lupa memuji Foden. Gelandang muda itu dipuji sebagai pemain bagus yang harus bersaing dengan sejumlah bintang. Foden, pemain tengah asal Inggris, mendapatkan kesempatan bermain penuh. Dia menjawab kepercayaan itu dengan tampil memikat. “Satu-satunya masalah Foden adalah harus bersaing dengan Kevin de Bruyne, Bernardo Silva, dan David Silva,” tutur Pep. Foden total sudah bermain 20 kali untuk The Citizens. Sejauh ini dia mengemas lima gol dan dua assist di semua kompetisi. (rr)

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here