Bagikan
Peserta lomba mewarnai tengah serius mengikuti lomba di komplek Gedung Sasana Adipura Kencana Wonosobo. Foto : Muharno Zarka

WONOSOBO – Lomba mewarnai gambar antar anak Kelas 1 dan Kelas 2 SD/MI se-Kabupaten Wonosobo meramaikan peringatan Hari Pers Nasional (HPN) ke 73 dan Hari Ulang Tahun (HUT) Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) tahun 2019 di komplek Gedung Sasana Adipura Kencana Wonosobo, Sabtu (16/2).

Dalam lomba mewarnai atas kerja bareng antara PWI, Komunitas Jurnalis Wonosobo (KJW) dan Pemkab setempat, diikuti oleh 200 peserta yang merupakan perwakilan SD/MI yang ada di Wonosobo. Lomba digelar di pelataran sisi kanan dan kiri Gedung Sasana Adipura Kencana. Sejak pagi anak-anak yang sebagian besar didampingi guru dan orang tua masing-masing sudah merapat di gedung pertemuan yang berada di sebelah Timur Alun-Alun Wonosobo itu.

Meski peserta lomba mewarnai sudah datang lebih awal, lomba mewarnai baru di mulai sekitar pukul 08.00. Pasalnya, pada saat bersamaan ada pemberangkatan gowes dan ziarah bareng Forkompimda, pegiat sepeda santai, insan pers , karyawan BUMD/BUMN, masyarakat umum dan Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Pemkab Wonosobo.

Selama berlangsung lomba mewarnai, anak-anak tampak serius mewarnai gambar hingga selesai. Guru pendamping dan orang tua  siswa  tidak diperkenankan berada didekat peserta yang sedang mewarnai.

Bertindak sebagai yuri dalam lomba  mewarnai bertema “Pers Pemersatu Bangsa” yakni Agus Wuryanto (Komunitas Seni Air Gunung), Fajar Haryono (guru seni lukis SMPN 2 Mojotengah) dan Muharno Zarka (PWI Wonosobo). Adapun keluar sebagai juara 1 mewarnai Naeva Rahadatul Aisy (SDN 10), juara 2 Glorya Eyedaelwais (SD Kristen 3), Aira Syifa Azqia (SDN 5). Juara harapan 1 Rafael Aldorenza (SDN 5), juara harapan 2 Balqis Janeta Najla (SDN 1 Jaraksari) dan juara harapan 3 M Hisyam Keyra (SDN 5).

Agus Wuryanto mengatakan kemampuan anak dalam mewarnai sudah cukup bagus. Sebab, rata-rata sudah punya kemampuan dalam mengatur komposisi warna dan permainan gradasi. “Hanya pada aspek kreatif itas, kerapian dan kebersihan dalam mewarnai yang masih kurang”, katanya.

Ketua Panitia HPN PWI Wonosobo, Ilham Arda mengatakan selain lomba mewarnai antar anak SD/MI dan Gowes Religi, dalam HPN tahun ini PWI Wonosobo juga menggelar futsal bareng Forkominda, donor darah, penganugerahan tokoh inspiratif dan sahabat wartawan.

Suarabaru.id/Muharno Zarka

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here