Bagikan
ilustrasi

SOLO_Bahasa Indonesia  bakal  semakin mendunia . Harapan ini muncul, menyusul rencana  Universitas Al Azhar Mesir  bakal membuka  Program Studi (Prodi) Bahasa Indonesia  bekerjasama dengan konsorsium  terdiri  Universitas Muhamkadiyah Surakarta (UMS) , Universitas Gajah Mada (UGM) dan Universitas Islam Negeri Malang.

“Naskah kerjasama antara  Universitas Muhamadiyah Surakarta (UMS) Universitas Gajah Mada (UGM) dan  Universitas Islam Negeri Malang yang tergabung dalam konsorsium  dengan  Al Azhar  Mesir sudah ditandatangani .Insya Allah mulai September 2019, Bahasa Indonesia dijadikan sebagai satu mata kuliah pilihan di semua Fakultas di Al Azhar. UMS bersama UGM dan UIN Malang dipercaya membuka Prodi Bahasa Indonesia di Fakultas Bahasa danTarjamah di Al-AzharKairo,” ungkap Rektor UMS, Dr Sofyan Anif MSi, Kamis (14/2).

Penandatanganan  naskah kerjasama yang telah berlangsung, lanjut Dr Sofyan Anif MSi, merupakan bentuk kepercayaan lembaga pendidikan di luar negeri terhadap UMS. Naskah kerjasama yang ada sudah dibahas secara kongkrit oleh ketiga universitas yang tergabung dalam konsorsium dengan Universitas Al Azhar . Pelaksanaan penandatanganan naskah kerjasama juga disaksikan  Tim iAtase Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia di Kairo. Bahkan Prof Thoha Ibrahim  Badri selaku Dekan Fakultas Bahasa Universitas Al-Azhar Kairo, Mesir bersama delegasi ,  telah berkunjung ke UMS pada 11 Februari 2019. Dalam kunjungan tersebut dibahas mengenai kerjasama internasional yang ingin dibangun.

 UMS memiliki niat mengembangkan Prodi Bahasa Indonesia tidak hanya di Indonesia, tetapi juga di luar negeri. Terlebih keberadaan UMS yang memiliki kampus bernuansa Islami tidak hanya dikenal di Indonesia saja, namun sudah di seluruhdunia. Selain itu, UMS juga memiliki  mahasiswa dari Timur Tengah. Juga dalam world class ranking, UMS menempati posisi ke 12 se-Asia,  serta peringkat 10 di Indonesia. Dalam kerja sama dengan universitas Al Azhar  Mesir nantinya , Prodi Bahasa Indonesia UMS juga menawarkan program Exchange Student serta Joint Research. Sehingga dari kerjasama yang berlangsung selain meningkatkan kualitas mahasiswa pada  prodi bersangkutan, juga dapat meningkatkan kualitas penelitian dalam penelitian dan publikasi ilmiah, jelasnya. suarabaru.id/aji

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here