blank
Bersamaan dengan acara kunjungan kerja ke Kecamatan Kismantoro, Kabupaten Wonogiri, Danrem 074 Warastratama Surakarta Kolonel (Inf) Widi Prasetijono (kanan), memberikan bantuan sembako kepada warga kurang mampu.(suarabaru.id/bp)
WONOGIRI – Danrem 074 Warastratama Surakarta, Kolonel (Inf) Widi Prasetijono, berencana akan membangun lagi embung baru, yang lokasinya berada di Dusun Setren, Desa Lemahbang, Kecamatan Kismantroro (sekitar 70 Kilometer timur Kota Wonogiri).
Ide akan membangun embung lagi ini, terungkap bersamaan dengan acara kunjungan kerja Danrem ke Kismantoro, Wonogiri. Dandim 0728 Wonogiri Letkol (Inf) M Heri Amrulloh, melalui Perwira Sandi Penerangan Kodim (Pasandi Pendim) 0728 Wonogiri, Letda (Inf) Nurhadi, menyatakan, kunjungan kerja Danrem awalnya dilakukan untuk mengecek keberadaan embung yang dulu pernah dibangun oleh Korem 074 Warastratama Surakarta. Yakni Embung Watugede di Desa Ngroto, Kecamatan Kismantoro, Kabupaten Wonogiri.
Prasarana tandon air berupa bangunan embung untuk fasilitas pengairan petani tersebut, dulu dibangun oleh Korem bersama Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Solo dan Kodim 0728 Wonogiri. Yang pelaksanaannya dilakukan bergotong royong bersama warga masyarakat setempat.
Embung Watugede, kondisinya sampai sekarang masih terawat baik dan memberikan fungsi irigasi secara efektif untuk mengairi lahan pertanian milik petani setempat seluas 6 Hektare (Ha) yang ditamani aneka sayur mayur dan lombok. Manfaatnya, mampu memberikan peningkatan pendapatan dan kesejahteraan kaum tani. Bangunan tandon air itu, juga dikembangkan sebagai obyek rekreasi baru, yang sering didatangi warga Kismantoro dan sekitarnya.
Terkait dengan keberadaan Embung Watugede ini, Danrem 074 Warastratama Surakarta, Kolonel (Inf) Widi Prasetijono, terinspirasi untuk merencanakan membangun lagi embung baru, di Dusun Setren, Desa Lemahbang, Kecamatan Kismantroro, Kabupaten Wonogiri. Untuk merealisasikan ide pembangunan embung baru ini, telah dilakukan proses pengajuan persetujuan ke Pemkab Wonogiri.
Danrem Kolonel (Inf) Widi Prasetijono saat melakukan kunjungan kerja ke Kismantoro, didampingi Dandim 0728 Wonogiri Letkol (Inf) M Heri Amrulloh, Kasi Intel Korem Letkol (Inf) Teguh Wibowo, dan Pasilog Kodim 0728 Wonogiri Wng Kapten (Inf) Jiman. Mereka disambut Camat Kismantoro Joko Purwiyatmo bersama Danramil-20 Kismantoro Kapten (Inf) Gasar dari dari Polsek setempat. Dalam kesempatan itu, Danrem berkenan memberikan bantuan sembako kepada warga kurang mampu, dan kepada penderita gondok di Desa Ngroto, Kecamatan Kismantoro. Bantuan sembako, diterima oleh Sadiman, Rakinem dan Narsih, warga yang tinggal di RT 1/RW 2 Dusun Ngroto, Desa Ngroto, Kecamatan Kismantoro, Kabupaten Wonogiri. Danrem juga memberikan bantuan yang sama kepada Nenek Muah dan Kateno penderita tuna wicara yang tinggal di Dusun Sambeng RT 3/RW 5, Desa Lemahbang, Kecamatan Kismantoro, Wonogiri.
Dari Kismantoro, Danrem bersama rombongan, melanjutkan kunjungan kerjanya menuju ke wilayah Kecamatan Girimarto, Kabupaten Wonogiri. Ini dilakukan juga dalam penjajagan terhadap rencana membangun embung di Dusun Bubakan, Desa Bubakan, Kecamatan Girimarto, Wonogiri. Di Kecamatan Girimarto, disambut Camat Suparmo, bersama Danramil Girimarto Kapten (Cba) Suparna, Kapolsek AKP La Amani dan Kades Bubakan, Maryanto.(suarabaru.id/bp)