blank
Lokasi kejadian insiden kecelakaan di Jalan Raya Purwodadi-Pati, Desa Sumberjatipohon, Kecamatan Grobogan. Foto : hana eswe/ist.

GROBOGAN (SUARABARU.ID) – Insiden laka lantas yang diakibatkan kurang berfungsinya rem terulang lagi. Peristiwa tersebut terjadi di Kecamatan Grobogan, tepatnya di jalan umum Purwodadi-Pati KM 11,100 atau di Desa Sumberjatipohon, Rabu (1/7/2020).

Dua unit kendaraan terlibat dalam kejadian tersebut. Yakni, satu unit motor matik AD 2075 YK dengan satu unit dump truk H 1529 VA. Dari informasi yang diperoleh, kejadian ini bermula saat dump truk yang dikemudikan Sulistiyono (36) warga Kecamatan Pulokulon, melajukan kendaraannya dari utara ke selatan. Sesampainya di dekat TKP, kondisi jalan menurun dan pengemudi tidak dapat mengendalikan laju kemudinya lantaran rem tak berfungsi alias blong.

Truk tersebut akhirnya oleng ke kanan. Namun, pada saat bersamaan di bahu jalan arah berlawanan, terdapar sepeda motor matik AD 2075 YK milik Mardiyanto (37), warga Desa Sumberjatipohon, dalam posisi sedang diparkir.

“Karena jarak yang dekat diantara kedua kendaraan tersebut, tabrakan tidak dapat dihindarkan. Pengendara motor mengalami luka-luka dan dibawa ke RSUD dr Soedjati Purwodadi untuk mendapat perawatan,” jelas Kanit Laka Lantas, Iptu Candra Bayu Septi, saat dikonfirmasi, Kamis (2/7/2020).

Dikatakan Iptu Candra, dari hasil olah TKP, penyebab kecelakaan yakni kurang konsentrasinya pengemudi truk dump. “Selain itu, rem tidak berfungsi. Semua pemilik usaha yang menggunakan transportasi darat agar selalu chek kendaraannya secara berkala. Bilamana ada gangguan kelaikan jalan bisa dideteksi dari awal. Kami langsung melakukan koordinasi kepada Dinas Perhubungan Kabupaten Grobogan untuk menganalisa uji kelauakan kendaraan truk tersebut. Selain itu, kita berikan imbauan kepada masyarakat agar hati-hati dan tertib berlalu lintas,” kata Iptu Candra.

Hana Eswe-trs