blank
Pengurus Bhayangkari Cabang Wonogiri, memproduksi APD jenis pelindung wajah. Ini dilakukan dalam turut serta memberikan peran nyata pencegahan wabah virus corona.

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Bhayangkari Cabang Wonogiri pimpinan Ny Dani Tobing, memproduksi Alat Pelindung Diri (APD) jenis face Shield (pelindung wajah) dalam jumlah banyak. Ini dilakukan dalam upaya ikut memberikan dukungan nyata, untuk turut serta melakukan pencegahan wabah virus corona.

Kasubag Humas Polres Wonogiri Iptu Suwondo dan Paur Subag Humas Aipda Iwan Sumarsono, Selasa (7/4), menyatakan, produk APD jenis pelindung wajah buatan para pengurus Bhayangkari Wonogiri ini, kemudian disitribusikan secara gratis kepada para petugas yang berada di garda depan pencegahan pandemi Corona Virus Disease (Covid)-19 di Kabupaten Wonogiri.

Utamanya dibagikan kepada para tenaga kesehatan (Nakes) dan petugas medis, berikut para relawan dan petugas terkait lainnya yang terlibat dalam pencegahan wabah virus corona. Termasuk dibagikan kepada para personel TNI dan Polri yang menjadi bagian dalam Tim Gabungan Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 di Kabupaten Wonogiri. ”Dibagikan secara cuma-cuma,” ujar Aipda Iwan Sumarsono.

blank
Kapolsek Kismantoro Polres Wonogiri, AKP Bambang Suripto SH (kiri) ikut mendampingi penyerahan bantuan APD jenis pelindung wajah buatan pengurus Bhayangkari Cabang Wonogiri kepada petugas medis Puskesmas.

Bhayangkari Jateng
Ketua Bhayangkari Cabang Wonogiri, Ny Dani Tobing, menyatakan, pembuatan APD face shield ini, dilakukan atas petunjuk serta bimbingan dari Ketua Bhayangkari Daerah Jawa Tengah, Ny Ningrum Rycko Amelza Dahniel. Ini dilakukan, dalam ikut serta menyikapi penanganan terhadap maraknya wabah virus corona di Tanah Air. Terkait ini, Ny Dani Tobing berinisiatif menggerakan para pengurus Bhayangkari cabang Wonogiri untuk ramai-ramai membuat face shield.

”Seluruh pengurus Bhayangkari bekerja secara serentak di rumahnya masing-masing, membuat APD jenis face shield sejak Tanggal 24 Maret 2020 lalu. Sampai kini, telah berhasil memproduksi sebanyak 2.400 unit, yang kemudian dibagikan kepada para Nakes dan petuigas medis serta para relawan cegah tangkal wabah corona virus di Kabupaten Wonogiri.

Untuk memperlancar produksi APD face shield tersebut, Bhayangkari Cabang Wonogiri membuat tutorial teknis pembuatannya, dan menyiapkan alat-alat serta bahannya, seperti streples, penggaris, spidol, gunting dan cutter, serta bahan baku mika, busa, karet elastis, dan double tips.

blank
Bantuan APD jenis pelindung wajah buatan Bhayangkari Cabang Wonogiri, diserahkan kepada Pimpinan Puskesmas Wonogiri 2 di Salak, Wonogiri.

Tembus Pandang
Paur Humas Polres Wonogiri Aipda Iwan Sumarsono, menambahkan, bahwa face shield yang dibuat oleh pengurus Bhayangkari Cabang Wonogiri ini, menggunakan bahan plastik mika dengan ketebalan 0,3 Milimeter.

Untuk ukuran panjangnya masing-masing 30 Centimeter dan lebar 30 Centimeter. Plastik mika yang digunakan, dipilih yang bening transparan, agar tembus pandang untuk indera penglihatan pemakaianya.

blank
Personel Dokkes dan Sabhara Polres Wonogiri, bertugas mendistribusikan APD jenis pelindung wajah kepada para Nakes dan petugas medis. APD ini dibuat pengurus Bhayangkari Cabang Wonogiri.

Untuk pendistribusiannya, dipimpin langsung oleh Kapolres Wonogiri AKBP Christian Tobing SIK, MH, MSi dengan melibatkan personel Polres dan Polsek. Sasaran pembagiannya, ditujukan kepada para Nakes dan para petugas medis di semua institusi pelayanan kesehatan Puskesmas di seluruh Kabupaten Wonogiri.

Bambang Pur