blank
Robert Moreno/dok

SOLNA – Timnas Spanyol mendedikasikan tiket putaran final Piala Eropa 2020 untuk Luis Enrique. Posisi La Furia Roja dipastikan aman selepas menahan tuan rumah Swedia 1-1 dalam lanjutan kualifikasi Grup F di Stadion Friends Arena, Solna, Rabu (16/10) dini hari WIB. Swedia unggul lewat Marcus Berg pada menit ke-50 yang dibalas Rodrigo Moreno menjelang bubaran. Robert Moreno, pelatih timnas Spanyol, mempersembahkan sukses ini buat seniornya, Enrique. Enrique mengundurkan diri dari posisinya sebagai entrenador La Furia pada Juni lalu karena alasan keluarga.

“Kerjanya bersama tim ini sudah menempatkan kami di posisi yang sangat baik, dan kami berterima kasih kepadanya,” ungkap Moreno. Mantan tangan kanan Enrique itu tak lupa mengucapkan terima kasih kepada Presiden Federasi Sepak Bola Spanyol (RFEF) Luis Rubiales. Berkat keputusan Rubiales, Moreno dipercaya meneruskan tugas Enrique.

Kapten dan bek tengah Sergio Ramos juga memuji Enrique. Semua pemain tidak melupakan kontribusi yang diberikan eks pelatih Barcelona itu. Dengan mengemas 20 poin, kedudukan Spanyol tak mungkin terkejar. Masih menyisakan dua pertandingan, Ramos dan kolega unggul lima angka di depan Swedia dan enam poin di atas Rumania. La Furia Roja akan melakoni putaran final yang ketujuh tanpa putus. Skuad besutan Moreno jadi tim keenam yang lolos setelah Belgia, Italia, Rusia, Polandia, dan Ukraina. Sisa 20 tiket akan diperebutkan dalam dua laga terakhir bulan depan.

Sementara itu, Pelatih Swedia Janne Andersson menyayangkan kegagalan timnya dalam mempertahankan keunggulan. Kendati begitu, dia tetap puas karena mampu mengimbangi juara Eropa tiga kali tersebut. ”Saya tidak menyalahkan siapa pun. Kami melakukan pekerjaan yang fantastis,” ujar Andersson. (rr)