Bagikan
Kapolres Wonosobo AKBP Abdul Waras SIK tengah menyiramkan air bunga menandai dimulainya pemakaian mobil Water Cannon sebagai kendaraan taktis aparat kepolisian di lapangan. (Foto : SuaraBaru.id/Muharno Zarka)

WONOSOBO-Polres Wonosobo menambah kekuatan dengan kendaraan taktis Armored Water Cannon yang baru saja diterima dari Polda Jateng. Kendaraan tersebut selain berfungsi sebagai pendukung pelaksanaan operasi represif juga bisa digunakan untuk operasi kemanusiaan.

Kapolres Wonosobo AKBP Abdul Waras SIK mengatakan kendaraan taktis yang dapat menampung hingga 6.500 liter air dengan jarak semprotan air efektif sejauh 50 hingga 70 meter
tersebut akan digunakan untuk mendukung pengamanan Pilkada Wonosobo 2020 mendatang.

“Mobil Water Cannon ini juga bisa dimanfaatkan untuk tugas kemanusiaan seperti distribusi air bersih ke lokasi kekeringan, penanganan kebakaran dan sebagai sarana edukasi bagi pelajar atau masyarakat terkait pendukung tugas kepolisian,” ujarnya.

Mengawali penggunaannya, mobil baru ini didoakan oleh seluruh anggota Polres Wonosobo. Doa dan tasyakuran digelar di halaman Mapolres setempat, Senin (7/10). Mobil Water Cannon diharapkan akan membawa manfaat bagi jajaran Polri dan Masyarakat Wonosobo.

Air Bunga

“Mudah-mudahan dengan adanya penambahan kekuatan kendaraan multifungsi ini bisa membantu aparat kepolisian dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) di Wonosobo. Kondisi Kamtibmas yang kondusif sangat diharapkan semua pihak,” ungkapnya.

Menandai dimulai pemakaian, mobil Water Cannon disiram air bunga sebagai simbol memohon keselamatan Polri dalam pelaksanaan tugas ke depan. Karena menjelang Pilkada situasi politik biasanya mulai menghangat dan Kamtibmas harus tetap kondusif.

Selanjutnya, Kapolres Wonosobo AKBP Abdul Waras SIK melakukan pemotongan tumpeng dan ingkung yang diserahkan kepada Kasat Sabhara AKP Agus Priyono SH yang diberi tanggungjawan untuk pengemban kendaraan dinas Water Cannon.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada Polda Jateng yang telah memfasilitasi mobil Water Cannon. Dengan fasilitas mobil baru tersebut diharapkan akan bisa membantu tugas-tugas operasional anggota kepolisian di lapangan,” ujar Agus Priyono.

SuaraBaru.di/Muharno Zarka

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here