HUT Klenteng Kwan Sing Bio, Peringati Hari Kesempurnaan Kwan Kong Tee Koen
Umat Tri Dharma menggelar ibadah di Klenteng Kwan Sing Bio dalam rangka perayaan HUT ke-XV klenteng sekaligus peringatan hari kesempurnaan Namo Cia Lan Phu Sa. (hery priyono)

SEMARANG – Tempat Ibadah Tri Dharma (T.I.T.D) Kelenteng Kwan Sing Bio yang terletak di Jl.Tanggul Mas Raya no: 9 (Tanah Mas) Semarang – Jawa Tengah menggelar perayaan hari jadi (HUT) yang ke-15 pada Senin (7/10/2019) siang hingga malam.

Bersamaan hari itu pula dirayakan Hari Kesempurnaan Dewa Namo Cia Lan Phu Sat (Dewa Kwan Seng Tee Koen / Dewa Kwan Kong) yang merupakan tuan rumah di Bio tersebut. Ratusan umat dari berbagai kota di Jawa Tengah dan Jakarta menghadiri perayaan tersebut.

Perayaan diisi dengan doa bersama, pemilihan cia dan hu locu 2019 – 2020, pentas atraksi Liong Samsi serta hiburan di atas panggung terbuka.

“Dulunya beberapa cendikiawan dari beberapa kota berkumpul di sebuah kawasan / rumah di daerah Jatingaleh Semarang yg bernama Hok Siu Bio. Dari beberapa hasil pertemuan kemudian disepakati akan dibangunnya sebuah Kelenteng di wilayah Tanah Mas Semarang. Atas dukungan H.Sutrisno Suharto (Wali Kota Semarang ketika itu) maka dibangunlah sebuah Kelenteng di Jl. Tanggul Mas Raya no: 9 ini pada tahun 2004,” ujar Alex Gunawan salah satu pengurus harian T.I.T.D Kelenteng Kwan Sing Bio.

Tetapi tidak hanya merayakan ulang tahun tempat ibadahnya saja, dalam kesempatan tersebut juga dirayakan Hari Ulang Tahun Kesempurnaan Dewa Namo Cia Lan Phu Sat yang di kelenteng kelenteng lain lebih dikenal dengan sebutan Dewa Kwan Seng Tee Koen.

Dewa Kwan Seng Tee Koen bagi Umat Tri Dharma dulunya adalah seorang jendral perang yang jujur, berwibawa dan sangat bisa dipercaya. Kwan Seng Tee Koen pada hari kesempurnaannya adalah pada bulan 9 tanggal 9 penanggalan Cina atau dalam nama Buddhanya adalah Namo Cia Lan Phu Sat .

Orang-orang yang memujanya memperoleh kehidupan yang lebih baik terutama dari segi bisnis dan pekerjaannya serta lain-lainnya.

HUT Klenteng Kwan Sing Bio, Peringati Hari Kesempurnaan Kwan Kong Tee Koen
(foto: hery priyono)

Alex menambahkan, acara tersebut merupakan rangkaian acara tahunan yang pertama digelar pada bulan 6 tanggal 24 (penanggalan Cina) yaitu Hari  Ulang Tahun Dewa Namo Cia Lan Phu Sat, kemudian pada bulan 7 tanggal 9 yaitu perayaan Ulambana (penghormatan kepada leluhur), serta pada bulan 9 tanggal 9 yaitu HUT Kesempurnaan Dewa Namo Cia Lan Phu Sat.

“Biasanya menjelang perayaan Tahun Baru Imlek (Sincia), sudah menjadi tradisi kami mengadakan bersih-bersih tempat ibadah di sini. Harapannya dari kegiatan doa bersama ini agar masyarakat Kota Semarang khususnya dan negara Indonesia umumnya lebih makmur, tentram, aman, kondusif serta dijauhkan dari segala macam bencana,” katanya. (suarabaru.id)