blank
Lionel Messi/dok

BARCELONA – Gara-gara lebih efektif dan efisien di lapangan, Barcelona akhirnya menang meyakinkan 4-0 atas Sevilla pada pekan kedelapan Liga Primera Spanyol (LaLiga) di Camp Nou, Senin (7/10) dini hari WIB. Empat gol Barca dihasilkan Luis Suarez, Arturo Vidal, Ousmane Dembele, dan Lionel Messi. Tiga menit menjelang bubaran, klub Catalan harus kehilangan Ronald Araujo dan Ousmane Dembele karena diganjar kartu merah.

Pelatih Barca Ernesto Valverde mengakui laga kontra Sevilla berjalan sulit. Skor telak tercipta lantaran Lionel Messi dan kolega bermain lebih membunuh. Pada awal pertandingan, Los Rojiblancos tampil lebih agresif. Tembakan Luuk de Jong dengan sigap dimentahkan kiper Barca Marc-Andre ter Stegen. Peluang De Jong berikutnya malah melambung.

Ketidakmampuan pasukan tamu menuntaskan peluang-peluang itu kemudian berbuah fatal. La Blaugrana bereaksi untuk mendapatkan gol beruntun pada menit ke-27, 32, dan 35. Secara keseluruhan, Los Cules punya delapan tembakan tepat sasaran, dan separuhnya menjadi gol. Sementara Los Rojiblancos melepaskan empat percobaan ke arah gawang tanpa menghasilkan gol.

“Ini merupakan pertandingan yang rumit dan penting buat kami. Mereka punya banyak peluang, tapi ya itu yang terjadi,” ungkap Valverde. “Mereka meninggalkan celah-celah, dan kami punya daya hantam yang lebih besar,” tambahnya. Valverde tak lupa memuji Messi. Dia menilai megabintangnya telah kembali ke performa terbaik.

Sebaliknya, Pelatih Sevilla Julen Lopetegui mengaku sangat kecewa. Dia geram dengan banyaknya peluang yang gagal dikonversi menjadi gol. ”Kami tak bisa memanfaatkan peluang dengan baik. Sementara Barca lebih jago dalam menuntaskan kesempatan,” ujar Lopetegui. (rr)