Bagikan
Sejumlah perwakilan siswa SD di kawasan Dieng foto bersama dengan jajaran General Manajer PT Geo Dipa Energi (Persero) Unit Dieng setelah menerima bantuan pendidikan melalui program "Geo Dipa Pintar". (Foto: SuaraBaru.id/Muharno Zarka)

WONOSOBO-Aksi peduli pendidikan dengan tajuk “Geo Dipa Pintar” digulirkan PT Geo Dipa Energi (Persero) Unit Dieng di moment peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74 Kemerdekaan RI, yang jatuh pada Minggu, 17 Agustus 2019 ini.

Bersamaan dengan pelaksanaan upacara peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI di Lapangan Power Plant Geo Dipa Energi (Persero) Unit Dieng di Desa Sikunang Kejajar Wonosobo, diserahkan bantuan pendidikan “Geo Dipa Pintar” pada sejumlah pelajar.

General Manager PT Geo Dipa Energi (Persero) Unit Dieng, Puguh Wintoro, Senin (19/8), mengatakan pemberian bantuan  community development tersebut diserahkan pada siswa SD dari keluarga pra-sejahtera yang berada di wilayah operasional perusahaan

“Bantuan berupa paket perlengkapan sekolah senilai Rp 357.500 diberikan kepada 193 siswa dari keluarga kurang mampu dan berprestasi di 26 SD dari 11 Desa yang ada di wilayah Wonosobo, Banjarnegara dan Batang,” sebutnya.

Pemberian bantuan pendidikan tersebut, imbuh Puguh, merupakan bentuk tanggung jawab sosial perusahaan (corporate social responbility) terhadap peningkatan kualitas belajar siswa dari keluarga pra-sejahtera guna meraih cita-citanya.

Beasiswa Pendidikan

Penyerahan bantuan secara simbolis dilakukan langsung oleh Kasudbit Pelayanan dan Bimbingan Usaha Panas Bumi Direktorat Panas Bumi Kementerian ESDM RI, Eddy Hindiarto Judoadi, kepada beberapa perwakilan siswa SD yang hadir.

Pihaknya mengapresiasi aksi peduli pendidikan melalui program “Geo Dipa Pintar” yang dilakukan PT Geo Dipa Energi (Persero) Unit Dieng. Dia berharap program tersebut tetap berlanjut di masa yang akan datang untuk meningkatkan sumber daya manusia (SDM).

“Melalui program Geo Dipa Pintar ini, saya yakin dapat meningkatkan semangat anak sekolah dalam belajar dan membantu meringankan beban keluarga tidak mampu di kawasan Dieng untuk mendapatkan perlengkapan belajar yang layak bagi anaknya,” kata dia.

Eddy Hindiarto bahkan lebih jauh berharap aksi peduli pendidikan “Geo Dipa Pintar” tersebut bisa ditingkatkan menjadi program beasiswa secara permanen kepada siswa berprestasi dari jenjang SD hingga kuliah di Perguruan Tinggi (PT).

“Jadi anak-anak berprestasi di bidang akademik dan non akademik yang berasal dari keluraga tidak mampu di kawasan Dieng bisa sekolah dari jenjang SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA/SMK dan kuliah di PT dibiayai dari program beasiswa perusahaan,” usulnya.

PT Geo Dipa Energi (Persero) Unit Dieng pun berkomitmen akan terus meningkatkan kinerja produksi listrik panas bumi. Sehingga ke depan dapat mengalokasi anggaran community development lebih banyak lagi bagi masyarakat di kawasan Dieng.

SuaraBaru.id/Muharno Zarka

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here