Orasi Kebangsaan ODM Undip, Puan Gelorakan Semangat Nasionalisme
Menteri PMK Puan Maharani menyampaikan orasi kebangsaan di acara Orientasi Diponegoro Muda (ODM) Universitas Diponegoro (Undip) 2019 di Stadion Undip, Kampus Tembalang, Semarang, Minggu (18/8/2019). (hery priyono)

SEMARANG – Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) RI Puan Maharani mengajak seluruh civitas akademika dan dunia pendidikan untuk membangun dan meningkatkan kualitas manusia, terutama para generasi muda yang akan menjadi penerus bangsa.

Hal itu diutarakannya dalam orasi kebangsaan saat Orientasi Diponegoro Muda (ODM) Undip 2019 di Stadion Undip Tembalang. Selain Menteri PMK, hadir pula Rektor Undip Yos Johan Utama, Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi, Ketua Umum DPP IKA FIB Undip Agustina Wilujeng, Sekjen IKA FIB Undip Teguh Hadi Prayitno, dan sejumlah tamu penting lainnya.

“Saya mengajak seluruh universitas di Indonesia untuk mencetak lulusan yang cakap, pintar dan mampu menjawab tantangan Indonesia ke depan. Tak hanya itu saja, setiap lulusan juga harus memiliki rasa nasionalisme tinggi,” kata Puan, Minggu (18/8/2019).

Lebih jauh, Puan juga mengingatkan kepada segenap mahasiswa mahasiswi untuk selalu mengedepankan Pancasila dalam setiap tindakan, dan tidak pernah lupa akan jatidiri bangsa yang telah mengakar dalam setiap diri warga negara Indonesia.

“Jangan pernah lupa akar kita dari mana, ingat jatidiri kita orang Indonesia. Kita kuat dan menjadi besar kalau kita bersama. Jaga terus Pancasila, gotong royong, Bhineka Tunggal Ika itu penting dan harus dijaga, keberagaman harus selalu ada di lubuk hati kita semua,” katanya.

Senada dengan yang disampaikan Puan, Rektor Undip Prof. Yos menegaskan agar para mahasiswa terus menjaga persatuan dan kesatuan Republik Indonesia serta mengamalkan semangat Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

“Di sini tidak ada tempat di bumi Universitas Diponegoro bagi orang-orang yang anti Pancasila. Saya mengingatkan kepada para mahasiswa agar waspada dan pandai-pandai dalam berkegiatan, jangan sampai kemudian terpapar paham radikalisme,” katanya.

Acara ODM Undip 2019 selain diisi dengan prosesi penyambutan mahasiswa baru, juga diramaikan dengan aksi membentuk mozaik sejumlah gambar formasi yang dilakukan oleh 12 ribu mahasiswa baru. Formasi mozaik yang dibentuk di antaranya seperti logo Undip, Punakawan, tempat ibadah, Jokowi dan Prabowo, tugu muda, dan HUT ke-74 RI. (suarabaru.id)