blank
SUNDUL BOLA: Penyerang Timnas Indonesia U-18, Bagus Kahfi (putih), saat berusaha menyundul bola ke gawang Myanmar. Foto: dok/pssi

HO CHI MINH– Pelatih Kepala Timnas Indonesia U-18, Fakhri Husaini dengan tegas mengatakan, timnya harus lebih fokus lagi jelang babak semi final Piala AFF U-18. Mantan pemain Timnas era 90-an itu mengaku kurang puas, dengan penampilan anak-anak asuhnya pada laga kelima kontra Myanmar yang berkahir imbang 1-1, di babak penyisihan terakhir Grup A, yang berlangsung di Stadion Thong Nhat, Ho Chi Minh, Vietnam, Rabu (14/8).

“Jujur saya kurang puas dengan penampilan dan permainan anak-anak. Apalagi pemain yang saya berikan kesempatan untuk bermain. Mereka tidak bisa memanfaatkan kesempatan yang saya beri,” kata Fakhri usai laga.

Dalam laga itu, Indonesia harus kebobolan lebih dahulu oleh Myanmar, lewat sontekan Hein Htet Aung menit 50. Sedangkan Indonesia baru bisa membuat gol di menit 68 melalui Rizky Ridho Ramadhani.

Fakhri menilai, pemain yang baru mendapatkan menit bermain sedikit semestinya bisa lebih baik kondisi fisiknya. “Harusnya mereka yang baru bermain dua atau tiga kali memiliki kebugaran yang lebih, dari mereka yang main empat hingga lima laga sebelumnya,” tuturnya.

Pelatih Garuda Nusantara ini menambahkan, timnya banyak kehilangan kesempatan dan itu menjadi evaluasinya. “Peluang banyak terbuang, saya berharap pemain yang belum bermain, bisa memberikan kontribusi lebih. Tetapi ternyata aksi mereka tidak sesuai dengan harapan saya. Fisik mereka masih kurang,” ungkapnya.

Juara Grup
“Yang menjadi catatan adalah faktor fisik, karena jadwal Piala AFF ini terlalu padat. Saya rasa Myanmar mengalami hal serupa. Anak-anak juga banyak kehilangan bola serta penyelesaian akhir yang buruk,” tukas dia.

Dengan hasil ini, Indonesia dipastikan menjadi juara Grup A dengan raihan 13 poin dari lima laga, sama dengan Myanmar, namun unggul produktivitas gol. Myanmar pun cuma menjadi runner up.

Di babak empat besar, Indonesia akan menghadapi runner up Grup B, yakni salah satu antara Malaysia, Australia atau Vietnam. Ketiganya baru akan melakoni laga penentuan pada Kamis (15/8) ini. Babak semi final rencananya akan dimainkan pada Sabtu (17/8) di Stadion Go Dau, Binh Duong, Vietnam.

suarabaru.id/Riyan