blank
Kekompakan atlet Pelatda Panahan Pra PON XIX saling bercanda-ria saat jeda latihan di depan mess atlet, Patemaon, Gunung Pati, Semarang. (Foto : SB/Wahono)

 SEMARANG  – Sebanyak  24 pemanah terbaik di Jateng yang dipersiapkan turun di Pra PON XX, kini serius menjalani TC (latihan terpusat) di Semarang, dengan fokus pembenahan mental dan teknik.

Di ajang Pra PON nanti, Pengurus Provinsi (Pengprov) Perpani Jawa Tengah, akan menurunkan semua atletnya di tiga divisi (putra putri), masing-masing Divisi Compound, Divisi Recurve dan Divisi Nasional.

“Kami fokus benahi mental dan teknik, anak-anak makin bersemangat,” tandas Pelatih Kepala Pelatda Panahan, Permadi Sandra Wibowo, Jumat (9/8/2019).

Mental dan fisik atlet jadi fokus pembenahan, karena jadwal Pra PON (PON XX/2020 Papua) sudah dekat, dan akan digelar di Jakarta, 26 September hingga 1 Oktober 2019, jelasnya.

Dijelaskan Permadi, pemusatan latihan sudah masuk pekan kelima, perkembangan atlet juga tampak semakin membaik, khususnya tim (beregu) di Divisi Nasional, Fita Compound dan aduan.

Pemanah Pra PON Jateng masuk TC sejak Awal Juli 2019, didampingi tiga orang pelatihnya, Permadi Sandra Wibowo, Yudhi Ariefianto, dan Idya Putra Harjianto.

blank
Atlet Pelatda Panahan Pra PON XIX menjalani sesi latihan aduan di belakang mess atlet, Griya Wiyata Patemon, Gunung Pati, Semarang. (Foto : SB/Wahono)

Disiplin

Latihan digelar di lapangan belakang kompleks Griya Wiyata Patemon. Lapangan untuk latihan memang sederhana, bukan lapangan panahan, namun para pemanah tetap disiplin menjalani program Pelatda.

Diakui Permadi, kendala nontehnis adalah lapangan latihan sehari-hari, karena sampai saat ini KONI Jateng belum memiliki lapangan panahan standar Perpani di Semarang, sehingga Pengprov harus mencari, dan menyewa.

Saat ini 24 atlet, tim pelatih, dan mekaniknya memanfaatkan mess sewaan di Petamon, Gunungpati, sebagai lokasi base camp Pelatda cabang olahraga panahan dibawah Pengprov Perpani Jateng.

Meski demikian, Pengprov optimis di Pra PON September 2019 depan, atlet panahan Jateng bakal mampu meraih banyak tiket (quota by number) PON XX yang digelar di Papua.

Di PON XIX/Jabar, pemanah Jateng berhasil membidik 17 dari 18 tiket  yang disediakan PB PON, dari Divisi Nasional (pa/pi) enam tiket, Fita Compound (pa/pi) enam tiket, Fita Recurve (pa/pi) lima tiket.

Sedangkan di PON XVIII/Riau, pemanah Jateng hanya merebut 15 tiket. Pengprov sendiri, merencanakan menggelar TC pemanah Pra PON hingga September 2019.

Suarabaru.id/Wahono

Pemanah Jateng Untuk Pra PON XX/2019

No  Nama                         Divisi          

 1     Dela Berliana          Fita Divisi Recurve

2     Aqiatul Izzah            Fita Divisi Recurve

3     Caterine Thea          Fita Divisi Recurve

4     Santika Maharani    Fita Divisi Recurve

 

5     Awal Ahmad           Fita Divisi Recurve

6     Ramy Naufal          Fita Divisi Recurve

8     Betrix Teofa            Fita Divisi Recurve

9     Muh. Luqman         Fita Divisi Recurve

 

10   Artika Listiyana  Fita Divisi Compound

11   Qa. Syauqina      Fita Divisi Compound

12   Farras N.             Fita Divisi Compound

13   Berlianna Sp.      Fita Divisi Compound

 

14   Hendika P.           Fita Divisi Compound

15   Luqman Hakim  Fita Divisi Compound

16   Riko Adi               Fita Divisi Compound

17   Asadel Art.          Fita Divisi Compound

 

18   Fitra Naya                   Divisi Nasional

19   Laura Rizky                 Divisi Nasional

20   Qoima Ismatul           Divisi Nasional

21   Sheila Febriyana        Divisi Naisonal

 

22   Moh. Affrizal              Divisi Nasional

23   Pandji Hardi               Divisi Nasional

24   Gema Tri                     Divisi Nasiuonal

26   Rachenda Gosyen     Divisi Nasional

Sumber : Binpres Pengprov Perpani Jateng