blank
Bobby Christoffer (kanan/dok)

SEMARANG – Mola TV menjalin kerja sama dengan Matrix dan MIX untuk menyiarkan Premier League (Liga Primer Inggris) untuk tiga musim ke depan. Chief Operating Officer (CCO) MIX  Bobby Christoffer menyatakan sebagai pemegang hak siar Premier League mengingatkan kepada pihak yang secara komersial menggelar agenda nonton bareng (nobar) harus memiliki izin dari pemegang hak siar. Sebab, Mola TV bisa menuntut secara hukum pihak-pihak yang secara komersil menggelar nobar tanpa izin.

”Nanti ada tim yang melakukan sweeping pada acara nonton bareng, jika tidak berizin kami akan persuasif mengingatkan dulu, tapi kalau tetap tidak patuh yang akan kami lanjutkan secara hukum,” jelas Bobby dalam keterangannya kepada media di Hotel Novotel, Semarang, Kamis (1/8). MIX merupakan salah satu televisi berbayar yang bekerja sama dengan Mola TV.

Hadir dalam jumpa pers itu Commercial Sales and Marketing Manager Matrix (pihak yang bekerja sama untuk mendapat hak siar) Didik Satria dan Kanit 1 Subdit 4 Tipidter Bareskrim  Mabes Polri AKBP Amir Hamzah. Menurut Bobby, dengan segala hak yang dimiliki Mola TV, kini acara nobar yang merupakan bagian dari bisnis komersil pun tak bisa sembarangan.

Sebagai pemilik hak siar Premier League, Mola TV dan partnernya berhak untuk melarang area komersial menggelar nonton bareng tanpa ada kesepakatan kerja sama. ”Kami menganjurkan, jika memang ada rencana untuk menggelar nobar lebih baik mendaftarkan terlebih dahulu,” jelasnya. Kanit 1 Subdit 4 Tipidter Bareskrim  Mabes Polri AKBP Amir Hamzah menegaskan pihaknya siap melaksanakan apa yang sudah ada dalam undang-undang khususnya tentang hak siar. “Kami akan bertindak sesuai aturan dan ketentuan yang sudah ada. Termasuk hak bagi yang memiliki izin hak siar. Jika tidak memiliki izin, tentu ada sanksinya selama dua tahun dan denda yang cukup besar,” ujarnya.

Mola TV telah mengandeng dua TV berbayar, yakni Matrix TV dan MIX. Matrix TV nantinya bakal menjangkau siaran di kawasan perumahan yang terdapat di seluruh Indonesia lewat Mola Matrix.  Sementara MIX diperuntukkan buat kerja sama komersial seperti nobar. Mola TV juga menyediakan akses untuk menonton pertandingan Liga Inggris di website resmi dan menggandeng TVRI untuk layanan gratis. Layanan dalam Mola Matrix menghadirkan empat kanal utama Mola TV di antaranya Mola Sports 1 yang berisi 24 Jam kanal Premier League, dan Mola Sports 2 yang menayangkan beragam acara olah raga dunia dan nasional. (rr)