blank
Plt Asisten Sekda Bidang Adminkes Pemkab Purworejo, Sumharjono S.Sos, MM, menyerahkan cinderamata kepada Asisten Sekda Bidang Administrasi dr. Hj. Henny Indriyanti, M.Kes. (Foto : SB/Hms-Setbla)

BLORA – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purworejo, Rabu (3/7/2019),  melaksanakan kunjungan kerja (kunker) tentang manajemen tata pengelolaan keuangan di Pemkab  Blora.

Rombongan dari Purworejo dipimpin plaksana tugas (Plt) Asisten Sekda Bidang Administrasi dan Kesra, Sumharjono. Di Blora, tamu-tamu itu diterima Asisten Sekda Bidang Administrasi, Hj. Henny Indriyanti dan pejabat terkait .

“Selamat datang di Blora, terimakasih atas kunjungan untuk saling bertukar ilmu tentang pengelolaan keuangan daerah,” kata Henny di ruang Pertemuan Gedung Samin Surosentiko.

Terkait pengelolaan keuangan, lanjut Henny, Pemkab Blora telah melakukan uji coba transaksi nontunai sejak akhir 2017 dan mulai efektif berjalan awal 2018.

Dijelaskan mantan Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes), dengan adanya transaksi nontunai ada banyak manfaat, antara lain memperkecil celah praktik kolusi kirupsi dan nepotisme (KKN).

“Model nontunai ini, juga mendukung efektivitas pengelolaan keuangan, dan penghematan keuangan daerah,” tambahnya.

Meniru         

Sementara itu, Plt Asisten Sekda Bidang Administrasi dan Kesra, Sumharjono, menyampaikan terimakasih karena Pemkab Blora telah menerima kunjungan dari Pemkab Purworejo.

“Kami datang ke Blora ini untuk melakukan studi banding (stuba), barangkali ada yang bisa kami tiru untuk diterapkan di Pemkab Purworejo,” bebernya.

Stuba dimaksud, khusus tentang pengelolaan keuangan dengan transaksi nontunai, lanjutnya, Pemkab Purworejo ingin meniru dan bisa seperti cara pengelolaan keuangan di Pemkab Blora, kata Sumharjono.

Dalam stuba itu, diisi juga dengan teknis tentang pengelolaan keuangan dan transaksi nontunai oleh kedua belah pihak, selanjutnya digelar ramah tanah dan  pertukaran cindera mata antarpemkab.

Suarabaru.id/Wahono