Bagikan
Warga Desa Tahunan antusias mengikuti acara Manganan.

Jepara- Masyarakat Desa Tahunan, Kecamatan Tahunan, Kabupaten Jepara, mengawali acara Sedekah Bumi dengan menggelar Manganan di situs Blumbangan Dukuh Tendok Sari, Tahunan. Acara Manganan tersebut sebagai bentuk syukur kepada Allah Swt atas segala rahmat dan kenikmatan yang telah diberikan kepada masyarakat Desa Tahunan.

Pemerintah Desa Tahunan dan Panitia

Acara yang digelar pada hari Senin Pahing (1/7) tersebut dihadiri oleh Petinggi Desa Tahunan, perangkat desa, tokoh masyarakat, serta Ulama’.

Menurut Muhadi selaku ketua panitia Sedekah Bumi, latar belakang Manganan yang digelar di situs  petilasan Ratu Kalinyamat tersebut sebagai bentuk nguri-nguri budaya di desa Tahunan. Karena asal-usul Desa Tahunan tidak bisa dilepaskan dari keberadaan Petilasan Blumbangan tersebut.

“Warga sangat antusias dalam mengikuti acara Manganan tersebut, karena selain disediakan hidangan yang beraneka ragam, acara yang diadakan setahun sekali ini akan dilanjutkan dengan berbagai rangkaian acara Sedekah Bumi” ujar Muhadi.

Muhadi menambahkan, acara Sedekah bumi Desa Tahunan akan diisi dengan berbagai macam kegiatan seperti, Pengajian Umum, Khotmil Qur’an dan akan ditutup dengan pagelaran wayang semalam suntuk yang akan dipentaskan di pendopo Balai Desa Tahunan. (SuaraBaru.id/Ulil Abshor)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here