Bagikan
Dari kiri kekanan  Ketua Senat UNS Prof Suntoro , Utusan Menristekdikti Ir Hari Purwanto MSc ,DIC, Prof Widodo Muktiyo, Calon Rektor terrpilih Prof Jamal Wiwoho, Prof Sutarno, Rektor UNS Prof Dr Ravik Karsidi MS dan Ketua  PPR UNS Prof Sahid Teguh Widodo bergambar bersama usai pelqaksanaan Sidang Senat UNS  dengan agenda Pemilihan Rektor  2019-2023 yang berrlangsung Selasa (26/3) (Foto: Adji W)

SOLO-Inspektorat Jenderal Kemenristekdikti Prof Jamal Wiwoho  SH M.Hum terpilih secara aklamasi sebagai Calon Rektor Universitas Sebelas Maret  (UNS) Surakarta  masa bakti 2019- 2023. Menyusul berlangsungnya Sidang Senat UNS Surakarta dipimpin Ketua Prof Dr Ir Suntoro WA MS  dan dihadiri 127 anggota senat dan utusan Menristekdikti Ir Hari Purwanto  MSc DIC

“Sidang Senat UNS dengan agenda Pemilihan  Rektor UNS periode 2019- 2023  berlangsung  sangat singkat”, kata Ketua Panitya Pemilihan Rektor (PPR) UNS Prof Sahid Teguh Widodo M.Hum PhD dalam keterangan pers usai persidangan, Selasa (26/3).

Ketua PPR UNS Prof Sahid Teguh Widodo M.Hum serta Ketua Senat UNS Prof Dr Ir Suntoro mengemukakan, pemilihan rektor UNS periode 2019-2023  diikuti tiga calon yakni Prof Sutarno, Prof Widodo Muktiyo dan Prof Jamal Wiwoho.Dalam persidangan disampaikan Pada 10 Februari telah ada kesepakatan ketiga peserta yang menyetujui  Prof Jamal Wiwoho SH, M.Hum sebagai calon terpilih Rektor UNS  2019-2023.

Pernyataan PPR UNS   disambut  pernyataan setuju secara aklamasi oleh para anggota senat yang hadir. Selanjutnya Sidang Senat  menetapkan Prof Jamal Wiwoho SH, M.Hum  sebagai calon terpilih Rektor UNS  2019-2023, jelasnya seraya menambahkan untuk pelantikan rektor  UNS  masa bhakti 2019-2023 masih menunggu penetapan dari Menristekdikti.

Utusan Menristekdikti Hari Purwanto MSc, DIC yang juga hadir menambahkan prosesi pemilihan rektor di UNS berjalan dengan lancar dari mulai tahap penjaringan hingga sekarang ini. “Pak Menteri sangat memberikan apresiasi, semoga ini bisa dicontoh perguruan tinggi lain  yang mengutamakan musyawarah dan mufakat”, jelasnya .

Sementara itu Calon Terpilih Rektor UNS 2019-2023  Prof Jamal Wiwoho SH, M.Hum dalam tanggapannya menyatakan,  langkah musyawarah dikedepankan karena dirrinya sudah mengenal dua bakal calon lainnya.  Pola komunikasi demikian dikembangkan dengan tujuan supaya tidak terkotak kotak.

Alhamdulilah 10 Februari 2019 kita bisa terlaksana musyawarah itu  dan mencapai mufakat. “Tidak lupa saya ucapkan terimakasih kepada Prof Ravik yang telah menginisiasi musyarawah mufakat ini. Dengan musyawarah dan mufakat ini, kedepan UNS akan lebih mudah melewati tantangan yang dihadapi mengingat tantangan kedepan semakin besar,” ungkap  Prof Jamal Wiwoho yang  juga menjabat Inspektur Jendral Kemenristekdikti.

Masih dalam kesempatan sama Rektor UNS, Prof Dr Ravik Karsidi MS yang juga hadir  mengemukakan, keberhasilan pelaksanaan pemilihan Rektor  2019-2023  merupakan kemenangan bersama. Pihaknya berharap, setelah pemilihan rektor  berlangsung  proses berikutnya yakni  pemilihan pejabat di bawahnya seperti Wakil Rektor, Dekan, Wakil Dekan dan sebagainya juga bisa berjalan lancar setelah tanggal 13 April nanti.

Suarabaru.id/Adji W

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here