Bagikan
Latihan ini juga memancing antusias masyarakat untuk melihat dari dekat. Foto: Hana eswe

GROBOGAN – Dalam rangka memelihara fisik dan jiwa Korsa, ratusan anggota TNI Kodim 0717/Purwodadi menggelar kegiatan ketahanan mars (Hanmars) sepanjang 10 kilometer, melintasi tiga wilayah kecamatan.

Mereka berjalan dari Makodim 0717/Purwodadi, Jalan Suhada Kota Purwodadi menuju ke perbatasan Kecamatan Grobogan dan Kecamatan Brati.

Kasdim 0717/Purwodadi, Mayor Inf Ngatija mengungkapkan, hanmars merupakan bagian dari pembinaan jasmani militer (Binjasmil). Dan kegiatan tersebut merupakan salah satu agenda rutin akhir bulan atau dikenal dengan Minggu Militer.

“Minggu Militer merupakan agenda satuan yang rutin dilaksanakan setiap bulan. Tujuannya, agar para prajurit TNI tetap terjaga kemampuan olah keprajuritan maupun kesegaran jasmani yang tak kalah penting adalah moril semangat serta jiwa korsa sebagai anggota TNI,” kata Ngatija.

Ia juga menambahkan, kegiatan Minggu Militer ini dapat menunjang kegiatan sehari-hari prajurit walaupun sebagai satuan komando kewilayahan (Satkowil) yang sebagian besar personelnya adalah Babinsa. Merekalah yang setiap saat terjun dalam tugas kewilayahan. Diharapkan, para prajurit ini tidak boleh melupakan kemampuan dasar keprajuritan. Karena itu, anggota perlu mengasahnya setiap saat.

Satu regu dsari ratusan prajurit TNI saat melakukan Hanmars melintasi kota Purwodadi. Foto: Hana eswe

Sementara itu Pasi Ops Kapten Arh Andi Aan Kunaefi mengungkapkan, latihan Hanmars ini juga ditujukan untuk menjaga dan meningkatkan ketahanan fisik bagi seluruh anggota Kodim 0717/Purwodadi.

Dengan kondisi fisik yang sehat dan prima akan membuat setiap prajurit dapat melaksanakan tugas sehari-hari dengan baik.

“Hanmars bertujuan untuk meningkatkan jiwa kebersamaan seluruh prajurit dimana mereka mengingat dan melatih ulang ilmu-ilmu dasar kemiliteran dan kemampuan sebagai penjaga kedaulatan NKRI yang kita cintai bersama. Dengan latihan ini, para prajurit dapat meningkatkan soliditas satuan serta kebersamaan antarprajurit Kodim 0717/Purwodadi ini,” jelasnya.

Terlihat dalam latihan ini, para prajurit kompak mengayunkan kaki bersamaan dengan menyanyikan lagu-lagu mars perjuangan untuk menggugah semangat para prajurit selama kegiatan Hanmars ini.

Suarabaru.id/Hana Eswe

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here