Bagikan
Kwarasan Expo mengenalkan produk UMKM di wilayah Kecamatan Magelang Tengah, Kota Magelang, (Suarabaru.id/dok)

 

 

MAGELANG- Kecamatan Magelang Tengah menggelar ‘Kwarasan Expo’ dalam upaya membantu mempromosikan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) yang berkembang di wilayahnya.

Kegiatan yang berlangsung selama dua hari mulai kemarn di Lapangan Kwarasan diikuti aneka macam produk UMKM. Seperti  kerajinan, makanan olahan, batik pakaian dan lainnya.

Kegiatan ini mendapat dukungan dari Tim Penggerak PKK Kota Magelang. Bahkan, Ketua Tim Penggerak PKK Kota Magelang, Yetti Biakti Sigit Widyonindito hadir membuka sekaligus meninjau stand-stand Kwarasan Expo.

‘’Harapan saya dengan adanya Kwarasan Expo bisa memacu UMKM terus bermunculan. Sedang yang sudah ada agar ditingkatkan dan makin berkembang,’’ katanya saat membuka Kwarasan Expo, kemarin.

Dia juga memberikan motivasi kepada para pelaku UMKM. Menurutnya, keikutsertaan mereka dalam pameran ini juga sebagai ajang promosi strategis. ‘’Setelah ini saya harapkan produk UMKM di Kecamatan Magelang Tengah kian dikenal. Kalau sudah dikenal, produknya jadi laris di pasaran. Bahkan bisa bersaing dengan produk-produk lainnya,’’ harapnya.

Dia menuturkan, disadari atau tidak kualitas produk menjadi prioritas utama. Baru setelah itu, promosi bisa digencarkan.

‘’UMKM penting untuk menjaga kualitas tetap baik, terjamin mutu, kesehatan untuk kuliner dan lainnya, sehingga ada pengakuan dari masyarakat tentang produk mereka,’’ ucapnya.

 

Yetty juga berharap, para pelaku UMKM bisa merambah perangkat daring atau bisnis online. Dia menilai bisnis online  salah satu lahan yang strategis dan sangat cocok terutama UMKM yang baru berkembang.

‘’Pelaku UMKM harus bisa mengoperasikan perangkat lunak dan online. Kalau mengandalkan mulut ke mulut, informasi masyarakat, itu mungkin bisa dihitung, tapi kalau memakai jaringan internet, segmennya bisa seluruh Indonesia bahkan luar negeri bisa melihat produk kita,’’ jelasnya.

Dia juga meminta pelaku UMKM yang sudah maju dan berkembang agar segera mendaftarkan ke Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Magelang. Hal ini supaya UMKM mendapatkan nomor registrasi.

‘’Bila sudah mendapatkan nomor, artinya mereka bisa diikutsertakan dalam pameran di luar daerah. Ini tentunya menjadi sarana promosi efektif, karena produk UMKM bisa dikenal masyarakat luar daerah,’’ungkapnya.

Camat Magelang Tengah Tugono menambahkan Kwarasan Expo diikuti lebih dari 30 UMKM se-Kecamatan Magelang Tengah. Jenis produk yang dijual beragam mulai dari kuliner, pakaian, batik hingga produk kecantikan.

‘’Pameran ini merupakan agenda tahunan yang akan mempromosikan berbagai produk unggulan UMKM se-Magelang Tengah. Meliputi kerajinan, kuliner, batik khas, ada juga aneka kuliner, seperti dawet, getuk dan lainnya. Acaranya dua hari, dan kunjungan warga lumayan bagus,’’ terangnya. (Suarabaru.ud/dh)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here