Bagikan
Polres Wonogiri menggelar final lomba seni trethek Kamling, dalam upaya menumbuhkembangkan potensi trethek ronda kampung yang memiliki nilai-nilai kearifan lokal.(suarabaru.id/bp)

WONOGIRI – Lomba seni ronda Keamanan Lingkungan (Kamling) tingkat Kabupaten Wonogiri Tahun 2018, juara pertamanya dimenangi oleh group ronda trethek Enam Dewa Buana dari Desa Bulusulur, Kecamatan Wonogiri Kota. Lomba diselenggarakan oleh Polres Wonogiri piminan Kapolres AKBP Robertho Pardede, ini dalam upaya menumbuhkembangkan kegiatan ronda kampung yang memiliki nilai kearifan lokal atau ‘local wisdom,’ dalam rangka menciptakan Keamanan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas) yang kondusif, utamanya menjelang Tahun 2019 sebagai tahun politik.
Peraih juara II group ronda trethek Pring Tembeling dari Desa Tawangrejo, Kecamatan Jatipurno, Kabupaten Wonogiri. Juara III group Trethek Kepyur dari Desa Klunggen, Kecamatan Slogohimo, Kabupaten Wonogiri. Lomba trethek digelar di hall Mapolres Wonogiri. Kasat Binmas Polres Wonogiri AKP Suwono, menyatakan, dalam final lomba seni trethek Kamling kali ini, diikuti oleh 5 group mewakili masing-masing distrik. Yakni Distrik Wonogiri, Jatisrono, Purwantoro, Wuryantoro dan Baturetno. Hadir dalam final lomba trethek Kamling ini, para Pejabat Utama (Pju) Polres bersam para anggota Bhabinkamtimas dari perwakilan masing-masing Polsek se jajaran Polres Wonogiri. Tim juri terdiri atas Batari Ayu dari Dinas Pemuda Olahraga Pariwisata, berikut dua praktisi seniman yakni S Marjoko dan Ramelan.
Kapolres yang diwakili Wakapolres Kompol A Aidil Fitri Syah, berkenan membuka final lomba trethek Kamling Tahun 2018. Wakapolres dalam membacakan sambutan tertulis Kapolres, menekankan kepada para peserta lomba, tentang pentingnya pengamanan swakarsa di lingkungan dusun, desa, maupun kelurahan masing-maisng. Tingkatkan kepeduliaan Kamling di mana kalian bermukim, sehingga tercipta Kamtibmas secara swakarsa. Lakukan langkah-langkah pengamanan sesuai aturan hukum yang berlaku, serta pelihara rasa persatuaan dan kesatuaan sesama kita warga.
Kapolres minta, agar warga peduli memelihara lingkungan masing-masing atas dasar kesadaran yang tinggi dan dilandasi rasa tanggung jawab bagi setiap warga masyarakat, dengan mengedepankan azas gotong royong, kekeluargaan, dan kebersamaan. Tingkatkan peran serta seluruh komponen masyarakat, dalam menjaga keamanan dan ketertiban. Dengan semangat menjaga Kamling, kita tingkatkan ronda trethek sebagai sarana dalam rangka menciptakan situasi Kamtibmas yang kundusif di lingkungan masing-masing.(suarabaru.id/bp)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here