Bagikan
Sutan Zico/dok

SIDOARJO – Timnas Indonesia U-16 bakal melakoni laga perdana kontra Filipina pada Grup A Piala AFF 2018 di Gelora Delta Sidoarjo, Minggu (29/7). Pasukan Garuda Yunior sudah tak sabar menunggu partai ini. Mereka optimistis bisa mengalahkan tim tamu. “Anak-anak sangat antusias menunggu pertandingan lawan Filipina. Secara fisik, teknik, taktik, dan mental kami sudah siap untuk memulai perjuangan,” kata Fakhri Husaini, pelatih timnas U-16.

Indonesia memiliki catatan bagus saat bertemu Filipina. Dari dua pertemuan terakhir, Sutan Zico dan kawan-kawan meraih hasil positif. Pada turnamen Jenesys di Jepang, Maret lalu, skuad asuhan Fakhri Husaini menghajar Filipina 7-1. Dua bulan berselang pada uji coba di Sleman, Indonesia kembali menang empat gol tanpa balas. Namun, Fakhri meminta anak-anak asuhannya tak meremehkan Filipina. Apalagi, kekuatan tim lawan, begitu juga kontestan lain saat ini hampir merata.

“Pada usia 16, perbedaan antarnegara tak begitu mencolok. Artinya, tidak ada satu negara pun yang mendominasi. Kami menang dengan susah payah juga,” jelas Fakhri. Mengenai kekuatan Filipina, mantan pemain nasional ini menyebut ada beberapa hal yang perlu diwaspadai. Salah satunya adalah kebiasaan Filipina yang memainkan bola atas mengingat postur tubuh pemain lebih tinggi dibanding Indonesia. Namun, pihaknya sudah mengantisipasi masalah tersebut. ”Bola-bola atas Filipina cukup berbahaya. Mereka memanfaatkan postur pemainnya yang tinggi. Strength-nya juga bagus,” tandasnya.

Pada Piala AFF kali ini Indonesia berada di Grup A bersama juara bertahan Vietnam, Myanmar, Kamboja, Timor Leste, dan Filipina. Skuad Garuda Yunior diperkuat 23 pemain. ”Mereka sudah kompak, terlihat padu, dan mampu menerjemahkan strategi sertaa taktik yang diinginkan pelatih. Selama pemusatan latihan dan beberapa kali uji coba, saya merasa para pemain berkembang pesat. Mereka juga semakin kompak dan padu dengan sesamanya. Secara keseluruhan, kami siap menyongsong turnamen AFF,” tutur Fakhri. (rr)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here