Bagikan
Ekspose menghadapi P2 Adipura di Aula Adipura Kencana Pemkot Magelang, SMNet/dh

 

MAGELANG- Hasil penilaian tahap pertama (P1) Adipura yang dilaksanakan Oktober 2017, Kota Magelang meraih nilai 76,43. ‘’Untuk  tingkat Jawa Tengah, Kota Magelang berada di urutan kedua setelah Kudus terkait hasil penilaian P1 Adipura,’’ ujar Sekda Kota Magelang  Sugiharto, kemarin.

Dia menjelaskan hal itu di depan semua organisasi perangkat daerah (OPD) dan instansi terkait lainnya terkait persiapan menghadapi penilaian kedua (P2) Adipura yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat.

Acara yang berlangsung di Aula Adipura Kencana dihadiri Kepala Seksi Pemantauan Direktorat Pengelolaan Sampah  Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Arief Sumargi,  serta  Kepala Seksi Pengelolaan Sampah dan Limbah Berbahaya Beracun, Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Jawa Tengah, Tri Astuti.

Sugiharto meminta nilai yang diraih pada P1 hendaknya dapat ditingkatkan, sehingga Kota Magelang dapat meraih kembali penghargaan Adipura. Untuk itu dia mendorong semua pihak untuk bersiap dan terus berbenah diri.

‘’Saya minta semua pihak menjaga kondisi titik pantau agar tetap bersih dan bisa memenuhi standar nilai Adipura. Beberapa titik penilaian diharapkan terus dilakukan pembenahan agar dapat menambah nilai,’’  pintanya.

Terkait gerakan 3 bulan bersih sampah yang diluncurkan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Sugiharto berharap  agar dapat dilakukan dengan baik dan terukur.

‘’Dinas Lingkungan Hidup (DLH) dan OPD terkait harus memperhatikan benar kriteria dan indikator program 3 bulan bersih sampah. Lakukan agenda secara jelas dan tepat sesuai dengan kriteria dan indikator yang telah ditentukan,  sehingga dapat menambah nilai dalam penilaian tahan kedua Adipura,’’ tegasnya.

Sugiharto juga mengimbau seluruh kepala OPD, kepala UPTD, camat, lurah, kepala sekolah negeri dan swasta dirut BUMD serta pihak-pihak terkait lainnya,  untuk terus meningkatkan dan melakukan pembenahan di beberapa titik.

Antara lain permukiman, pertokoan, perkantoran, terminal dan tempat-tempat lain yang menjadi pantauan tim penilai Adipura, sehingga dalam P2 nanti lebih siap dan dapat memberikan hasil maksimal untuk penilaian Adipura Kota Magelang.

Kepala DLH Kota Magelang Mahbub Yani Arfian mengatakan, ekspose P2  bertujuan untuk melakukan evaluasi atas hasil yang diperoleh dalam P1 Adipura 1 beberapa waktu yang lalu.

‘’Dari hasil evaluasi nantinya dapat direncanakan dan disiapkan langkah-langkah strategis untuk menyongsong penilaian P2 Adipura,’’ ungkapnya. (SMNet/dh)

 

 

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here