JEPARA (SUARABARU.ID)- Munculnya makam dadakan  di Dukuh Tendoksari, Desa Tahunan, Kecamatan Tahunan, Jepara  sempat membuat warga setempat heboh. Pasalnya, makam ini sebelumnya tidak pernah ada dan tiba-tiba sudah muncul lengkap dengan batu nisan dan kain penutupnya.

Kejadian tersebut berawal dari laporan beberapa warga kepada pihak Pemdes Tahunan, Senin, (20/7/2020) lalu. Mereka mengaku resah dengan aktifitas yang berada di lokasi penemuan makam tersebut.

Diketahui, tempat penemuan makam dadakan tersebut merupakan tempat petilasan Ratu Kalinyamat. Masyarakat setempat meyakini dari cerita turun temurun merupakan tempat persinggahan Ratu Kalinyamat saat hendak menuju Mantingan. Petilasan ini juga digunakan sebagai tempat ritual manganan menjelang sedekah bumi di Desa Tahunan.

 

Ketika ditemui Suarabaru.id, Petinggi Desa Tahunan, Muhadi mengatakan dirinya sempat ditemui oleh salah satu warga bernama K yang pertama kali membangun makam tersebut. “Dari pengakuannya, ia membangun makam di punden Tendoksari atas bisikan gaib yang diterimanya,” ujarnya.

Tanah Desa

Sedangkan lokasi tempat makam tersebut merupakan tanah milik desa dan salah satu petilasan dari para leluhur desa Tahunan. Salah satunya Ratu Kalinyamat. “Namun tempat tersebut kami tegaskan tidak ada makamnya,” ujar Muhadi.

Senada dengan Petinggi Desa Tahunan, salah satu sesepuh yang tinggal di sekitar punden tersebut Sabar Nasirun atau akrab disapa Mbah Sabar mengaku sejak kecil dirinya tidak pernah tahu keberadaan makam di bawah pohon beringin tersebut.

Akhirnya Pemdes Tahunan bersama dengan Bhabinkamtibmas, Linmas, tokoh agama, tokoh masyarakat, perangkat desa, akhirnya membongkar makam tersebut pada Kamis, (23/7/2020). “Semoga kejadian seperti ini tidak terulang kembali di Desa Tahunan,” kata Muhadi.

Hadepe / ua