blank
Tim PKM dosen FTP USM, saat memberikan pelatihan pembuatan Soygurt Nangka Berempah, bagi siswa-siswi kelas XII SMA Muhammadiyah 4 Kendal. Foto: dok/usm

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) dosen Fakultas Teknologi Pertanian (FTP), Universitas Semarang (USM), baru-baru ini memberikan pelatihan pembuatan Soygurt Nangka Berempah, bagi siswa-siswi kelas XII SMA Muhammadiyah 4 Kendal.

Tim PKm USM sendiri terdiri dari Ketua Anisa Rachma Sari SSi MSi, Anggota Antonia Nani Cahyanti SSi MSi dan Ir Adi Sampurno MSi. Mereka dibantu dua mahasiswa USM, Bhisma Auliya Rahman dan Shania Dara Puspita. Kegiatan yang didanai LPPM USM itu, diikuti 42 siswa kelas XII.

Dalam keterangannya Anisa mengatakan, tujuan kegiatan ini untuk menambah wawasan dan keterampilan siswa SMA Muhammadiyah 4 Kendal, terutama terkait dengan bioteknologi pangan khususnya pada produk fermentasi susu kedelai, atau yang dikenal dengan istilah soygurt.

BACA JUGA: Dialog Bareng Gen Z Kota Semarang, Ini Masukan untuk Yoyok-Joss

Menurut dia, soygurt memiliki beragam manfaat untuk kesehatan. Selain itu, nilai ekonomis tinggi, serta adanya bahan baku yang relatif terjangkau.

Adapun manfaat dari proses fermentasi susu kedelai menjadi soygurt, di antaranya untuk mengurangi bau dan rasa langu dari susu kedelai. Juga meningkatkan nilai gizi dan ekonomis, serta memberikan berbagai manfaat kesehatan.

”Soygurt memiliki berbagai manfaat kesehatan, di antarannya melindungi sistem pencernaan, imunitas, sumber probiotik, antioksidan dan mencegah kanker usus,” katanya.

BACA JUGA: Ribuan Santri di Brebes Mendapat Pelayanan Kesehatan Gratis

Disampaikan dia, saat ini banyak generasi milenial yang kurang memperhatikan kondisi kesehatannya. Namun bila mengonsumsi soygurt secara rutin, dapat meningkatkan imunitas.

”Rasa asam dari soygurt kurang begitu disukai generasi muda, sehingga kami melakukan inovasi, untuk menambahkan buah yang memiliki rasa manis, seperti nangka,” ujar Anisa.

Hal senada dikatakan Antonia Nani Cahyanti. Dia menyebut, rasa masam yang muncul dari soygurt disebabkan metabolisme gula sederhana oleh bakteri asam laktat, yang menjadi asam organik, sehingga terjadi penurunan pH pada susu kedelai.

BACA JUGA: Gerakan Ijo Royo 2 Serukan Warga Nahdliyin Dukung Hartopo-Wahib

Untuk meningkatkan aroma dan manfaat kesehatan dari soygurt, ditambahkan ekstrak dari tiga jenis rempah, jahe, kayu manis dan cengkeh. Jahe untuk mengurangi aroma langu dari susu kedelai, karena adanya kandungan atsiri.

Sedangkan cengkeh untuk mengurangi aroma langu susu, karena adanya eugenol. Kayu manis sebagai pemberi aroma wangi dari minyak atsiri eugenol, dan sinemaldehida.

Dipaparkan juga, dalam proses pembuatan soygurt nangka berempah ada lima tahapan. Yaitu, pembuatan susu kedelai, larutan starter, sari buah nangka, ekstrak rempah dan pembuatan soygurt.

BACA JUGA: Residivis Kutowinangun Curi Perhiasan dan Uang Milik Tetangga

”Larutan starter yang digunakan dalam proses fermentasi yaitu Biokul. Lama fermentasi dalam pembuatan soygurt adalah 24 jam, pada suhu ruang,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala SMA Muhammadiyah 4 Kendal, Siti Rofingah SPd I menyatakan, pihaknya memberikan apresiasi kepada tim dari USM, yang telah menularkan ilmunya kepada para siswa.

”Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi para siswa, karena mereka mendapatkan tambahan pengetahuan, keterampilan dan wawasan. Kami berharap, bisa menjadi kegiatan kewirausahaan bagi siswa selepas lulus dari sekolah,” ungkapnya.

Riyan