blank
Pelayanan Kesehatan gratis bagi para santri dan pengasuh pondok pesantren. Foto: Humas Pemkab Brebes.

BREBES (SUARABARU.ID) – Ribuan Santri mendapatkan pelayanan Kesehatan gratis, berupa pemeriksaan dan pengobatan gratis serta penyuluhan dari Pemerintah Kabupaten Brebes. Mereka mendapatkan pelayanan kesehatan gratis seperti penyakit dalam, penyakit kulit, dan sebagainya dari tim kesehatan RSUD Bumiayu, Puskesmas Bumiayu dan Puskesmas Kaliwadas.

Pelayanan dipusatkan di Pondok Pesantren Darunnajat Pruwatan, Kecamatan Bumiayu, Brebes, Kamis (17/10/2024)

“Selain pengobatan, para santri dan warga masyarakat sekitar juga diberikan penyuluhan arti pentingnya menjaga kebersihan kulit dan gigi,” terang Ketua PCNU Brebes KH Sholahudin Masruri di sela kegiatan.

Kata Gus Sholah, demikian panggilan akrabnya, memaknai peringatan hari santri nasional ke-10 Tahun 2024, para santri diajak untuk kembali merenungkan peristiwa resolusi jihad. Di Dalamnya selain mengusir penjajahan, kalau dimaknai sekarang ini berarti untuk memerangi kebodohan, jihad untuk meningkatkan ilmu Pendidikan, jihad untuk meningkatkan ilmu pengetahuan dari berbagai hal.

“Untuk itu, para santri perlu terus didorong dan digembleng dengan ilmu para ulama sepuh sehingga diharapkan akan menghasilkan generasi yang berakhlak mulia. Muaranya, di kemudian hari akan menjadi pemimpin masa depan yang handal dan berakhlakul karimah untuk Bangsa Indonesia tercinta,” ungkap Gus Sholah.

Pj Bupati Brebes Ir Djoko Gunawan MT mengatakan bahwa hari santri menjadi momentum untuk lebih mendekatkan antara ulama dan umara dalam mengisi pembangunan di segala bidang. Karena dalam mengisi pembangunan harus di sengkuyung bersama oleh semua elemen masyarakat termasuk ulama dan santri.

Pondok pesantren yang merupakan berkumpulnya para alim ulama tentu sangat diharapkan kontribusinya dalam mendidik santri, membangun akhlak dan moral generasi bangsa yang lebih agamis.

“Kita harapkan betul kemesraan antara ulama dan umara untuk selalu terjaga, bersinergi membangun Kabupaten Brebes lebih baik lagi,” pungkasnya.

Kehadiran Pj Bupati Ir Djoko Gunawan MT di Pondok Pesantren Darunnajat Pruwatan Bumiayu disambut hangat ribuan santri. Turut menyambut, Pengasuh Ponpes Darunnajat Kyai Miqdam Muntaqo S PdI dan Kyai Izam Sayyidan SPdI serta Ketua PCNU Brebes yang juga pengasuh Ponpes Al Hikmah 2 Benda Sirampog KH Sholahudin Masruri.

Hadir dalam kegiatan tersebut Ketua Baznas Brebes, Kabag Kesra Brebes, Direktur RSUD Bumiayu, Camat Bumiayu, Kepala Puskesmas Bumiayu, Kepala Puskesmas Kaliwadas, Tim Dokter Kesehatan dari RSUD Bumiayu dan puskesmas terlibat, jajaran Pengurus PCNU Brebes, para santri dan warga masyarakat sekitar.

Sutrisno