Bu Paimah hanya bisa meratapi gudang beerta isinya yang ludes terbakar Sabtu (5/10-2024). Foto: Bambang Z

JEPARA (SUARABARU.ID) – Sungguh malang nasib yang menimpa Paimah (55), penduduk Dukuh  Cikmas  Rt 03 /05  Desa . Karimunjawa, Kec. Karimunjawa, Kab Jepara. Sebab  Sabtu 5 Oktober 2024 sekitar  pukul 23.30 Wib  rumah dan gudang rosok dan rumput laut   miliknya ludes diamuk si jago merah. Kerugian ditaksir mencapai Rp. 500 juta

Bu Psimah yang gudang dan miliknya ludes diamuk si jago merah

Diperoleh keterangan  asal mula kejadian  kebakaran diduga akibat obat nyamuk bakar mengenai kasur kapuk, dan merambat ke sekitar. Api merambat cepat karena banyaknya barang-barang yang mudah terbakar.

Tempat yang terbakar  disamping kamar tidur Paimah, juga sebagai gudang untuk rumput laut dan pengepul limbah dan kemudian di jual ke Juana. Sedangkan rumput laut di jual ke Surabaya.

Bu Paimah di bekas gudangnya yang terbakar

Disamping gudang yang ludes terbakar,  juga alat pres  senilai Rp.  50 juta, kulkas, dapur gas, gas pemotong besi 2 set,. TV 32 Inc,  dapur gas tong 15 kg 2 biji, 3 kg 2biji., terpal penutup 6×12 sebanyak 6 lembar,  terpal kain besar, waring 5 gulung, dan rumput laut kering sekitar 200 kg serta limbah.

Bambang Zakariya, seorang pegiat lingkungan Karimunjawa menilai peran bu Paimah sangat besar dalam menjaga lingkungan Karimunjawa. “ Beeliau menjadi sandaran banyak petani rumpiut laut untuk menjual hasil pertaniannya. Juga menampung limbah hingga  dapat mengurangi pencemaran lingkungan,” ujar Bambang Zakariya yang akrab di sapa Bang Jack.

“Saya percaya pemerintah  akan mengulurkan tangan untuk membantu bu Paimah,” ungkapnya

Ia juga mengusulkan, dengan berkembangan  Karimunjawa sebagai Kawasan Wisata Nasional, sudah saat nya dipikirkan pengadaan unit Damkar untuk Karimunjawa oleh pemerintah.

“Ini jaga-jaga jika terjadi kebakaran dikawasan pemukiman  dirumah penduduk yang di kenal padat dan juga kebakaran hutan dan lahan,” ujarnya.

Hadepe.