Ketua panitia Saha, saat serahkan hadiah utama berupa kambing. Foto: Estitu

JEPARA (SUARABARU.ID) – Peringatan HUT Kemerdekaan yang ke- 79 Republik IndonesiaI Sabtu, 17 Agustus 2024 pemerintah desa Tubanan menggelar upacara di alun-alun desa Tubanan. Peserta upacara terdiri dari perangkat, lembaga desa, perwakilan siswa SD/MI sedesa Tubanan, SMP/MTs, dan dewan guru. Hadir juga tamu undangan dari tokoh agama/ masyarakat dan PLTU Tanjung Jati B.

Paskibra dari SMPN 1 Kembang. Foto: Estitu

Ketua panitia Saha selaku Danton Satlinmas beserta anggota mengadakan persiapan kegiatan HUT RI dengan matang. Mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM) yang sedang KKN di desa Tubanan membantu kepanitiaan tersebut. Kegiatan dirancang menjadi dua sesi yaitu: upacara dan jalan sehat.

Paskibra SMPN 1 Kembang saat pengibaran bendara dalam upacara Peringatan HUT Kemerdekaan yang ke- 79 Republik Indonesia Sabtu, 17 Agustus 2024, yang diselenggarakan oleh Pemdes Tubanan. Foto: Estitu

Petugas upacara dari unsur pemerintahan desa yaitu perangkat, komandan upacara Alfa Gusmianto Prabowo (Danru Satlinmas Tubanan), inspektur upacara Untung Pramono (Petinggi Tubanan). Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) dan Paduan Suara siswa- siswi SMP Negeri 1 Kembang. Pelatih Paskibra dan Paduan Suara oleh guru SMP Negeri 1 Kembang.

Drumband SDN 3 Tubanan (Estitu). Foto: Estitu

Sebelum hari pelaksanaan upacara semua tim berlatih sesuai dengan tugas masing- masing. Dalam latihan dan gladi bersih upacara didampingi Sertu Miftahul Hudaya.

Upacara berjalan dengan khidmat, petugas upacara menjalankan tugas dengan baik, peserta upacara menghayati betapa berharganya kemerdekaan yang telah diperjuangkan para pahlawan.

Panitia serahkan hadiah kipas kepada peserta. Foto; Estitu

Di akhir upacara diisi persembahan lagu Hari Merdeka dan lagu lainnya oleh group Drumband SD Negeri 3 Tubanan (Estitu).

Jalan sehat

 

Usai upacara pukul 09.30 dilanjutkan jalan sehat bersama masyarakat, peserta jalan sehat berjalan mengelilingi dukuh Duren desa Tubanan. Suasana meriah, mereka antusias mengikuti. Di samping ingin berpartisipasi memperingati HUT ke-79 RI masyarakat tertarik dengan hadiah menarik yang telah disediakan panitia.

Peserta mendapatkan nomor yang akan diundi selesai jalan sehat, hadiahnya bermacam- macam antara lain: Kambing sebagai hadiah utama, kipas angin, kompor gas, dan hadiah hiburan lainnya. Masyarakat senang dapat berpartisipasi mengikuti kegiatan tersebut.

Persiapan kegiatan upacara dan jalan sehat sangat matang. “Terima kasih atas semua pihak yang telah membantu terlaksananya kegiatan dengan baik,” ucap Saha selaku ketua panitia. Untuk tahun mendatang semoga kegiatan lebih baik lagi, tambahnya.

Semoga tahun depan diadakan upacara dan jalan sehat lagi, dan semoga lebih meriah, kata Atik Yuliati Kader desa Tubanan.

 

Hadepe –  Rofiatun guru SDN 3 Tubanan