Para siswa berkesempatan untuk menyalami Kapolres Grobogan AKBP Dedy Anung Kurniawan. Para siswa berkesempatan untuk menyalami Kapolres Grobogan AKBP Dedy Anung Kurniawan. /dok Sat Lantas Polres Grobogan. Foto: Tya Wiedya

GROBOGAN (SUARABARU.ID) – Mapolres Grobogan digeruduk puluhan siswa TK Nurul Huda Kedungrejo Purwodadi, Rabu 31 Juli 2024. Tentu saja bukan untuk berbuat onar, tetapi anak-anak ini akan belajar tentang hal-hal yang berkaitan dengan kepolisian.

Kedatangan para siswa ini disambut Kanit Kamsel Sat Lantas Polres Grobogan, Ipda Teddy Hernomo dan rekan-rekannya. Saat tiba di Mapolres, puluhan siswa ini langsung diajak berkeliling mengenal lingkungan Polres Grobogan.

“Hari ini, Polres Grobogan didatangi puluhan siswa dari TK Nurul Huda Kedungrejo, Kecamatan Purwodadi. Kita ajak berkeliling lingkungan Mapolres untuk mengenal fungsi-fungsi yang ada di Polres Grobogan, ” jelas Kasat Lantas Polres Grobogan AKP Tejo Suwono.

Di kesempatan itu, para siswa mendapatkan edukasi mengenai fungsi-fungsi satuan yang ada di Polres Grobogan, seperti Sat Samapta, Sat Narkoba, dan Sat Lantas. Satu per satu fungsi itu dijelaskan oleh Ipda Teddy Hernomo dengan menerapkan sisi humanis polisi sebagai sahabat anak.

Baca juga Jembatan Getasrejo Dibuka untuk Semua Kendaraan 1 Agustus 2024 Esok

Tujuannya agar para siswa mengerti tugas dan tanggung jawab kepolisian di masing-masing satuannya. “Seperti di Sat Lantas Polres Grobogan, Ipda Teddy tadi memberikan sosialisasi dan edukasi tentang tata cara tertib berlalu lintas dengan harapan para siswa sejak dini memahami perlunya untuk tertib berlalu lintas, ” ujar AKP Tejo Suwono.

Selain memberikan pengetahuan tentang tata tertib berlalu lintas, Ipda Teddy juga menjelaskan tentang pentingnya untuk tidak melakukan perundungan terhadap sesama teman. “Sosialisasi dan edukasi ini tidak berfokus pada siswanya saja, para guru juga diarahkan untuk lebih bisa mengawasi murid-muridnya dengan harapan ketika di masa dewasanya mereka, tidak melakuka hal-hal yang tidak diinginkan, ” harap AKP Tejo Suwono.

Dengan kegiatan ini, AKP Tejo Suwono berharap, polisi tetap menjadi sahabat anak sekaligus menjadi pengayom dan pelindung bagi anak-anak untuk mewujudkan masa depan yang lebih baik.”Dengan kehadiran anak-anak ini tentu saja menjadi langkah yang terus ditingkatkan yakni polisi terus menjadi sahabat anak yang mengayomi dan melindungi mereka supaya terwujud generasi yang lebih baik, ” tambah mantan Kasat Lantas Polres Kebumen ini.

Selain mendapatkan edukasi dari Satlantas Polres Grobogan, puluhan siswa TK ini juga berkesempatan untuk bertemu dan bersalaman langsung dengan Kapolres Grobogan AKBP Dedy Anung Kurniawan dan Wakapolres Kompol Gali Atmajaya.

Tya Wiedya