Para pekerja melakukan pengerjaan akhir rehabilitasi jembatan Getasrejo, yang melintang di ruas lingkar utara Purwodadi, Grobogan yang akan uji coba open traffic awal Agustus 2024. Foto: Setiadi

GROBOGAN (SUARABARU.ID) – Jembatan Getasrejo di Kecamatan Grobogan yang selama ini ditutup untuk kendaraan karena adanya rehabilitas, akan dibuka untuk kendaraan umum Kamis, 1 Agustus 2024 esok,

Pembukaan jermbatan Getasrejo ini merupakan uji coba setelah pengerjaan akhir berupa pengaspalan selesai pada Rabu,. 31 Juli 2024 hari ini. Rencana pengaspalan lantai jembatan akan dilaksanakan pada Rabu 31 Juli 2024.

Pengecatan besi jembatan sudah selesai, lubang antara cor jembatan Getasrejo dengan jalan lingkar utara juga sudah disambung. Sehingga proses pengapalan jembatan sepanjang 61 meter bisa dilaksanakan.

“Pengaspalan pada Rabu 31 Juli 2024, lalu pada 1 Agustus 2024 insya Allah dilakukan uji coba open traffic atau dibuka untuk semua kendaraan,” jelas Umar kepada wartawan.

Nantinya seusai uji coba open traffic, lanjut Umar, akan dilihat dan dievalusi. Hal tersebut untuk melihat kekuatan jembatan Getasrejo setelah selesai proses rehabilitasi.

“Apabila uji coba open traffic lancar tidak ada persoalan, maka bisa diteruskan,” ujar Umar. Untuk diketahui, rehabilitasi Jembatan Getasrejo ruas Jalan Lingkar Utara Kabupaten Grobogan dikerjakan selama 60 hari atau dua bulan,” kata Umar.

Awal Agustus 2024 jembatan ini sudah bisa dilewati, setelah sebelumnya selama proses rehabilitasi jembatan Getasrejo ditutup total, kendaraan berat yang biasa melalui jembatan tersebut dari Blora ke Semarang atau sebaliknya dialihkan.

Demikian juga dari Solo ke Blora dan sebaliknya. Pekerjaan rehabilitasi jembatan Getasrejo, Ruas Lingkar Utara Purwoadi menelan biaya sebesar Rp1.931.188.000 dengan sumber dana dari APBD Provinsi Jawa Tengah 2024.

Tya Wiedya