blank
KUBE-PKH Desa Tarubasan Isi Stand PKH Karanganom pada care free day Ahad 21.Juli 2024, foto : Arkansa

KLATEN (SUARABARU.ID) Car Free Day yang diselenggarakan Pemerintah Kecamatan Karanganom sedari pagi hari ini Ahad, 21 Juli 2024 disambut baik oleh kalangan masyarakat baik di Karanganom sendiri ataupun sekitarnya.

Car Free Day kali ini menyajikan aneka stand UMKM Desa, pribadi, organisasi, dan tidak ketinggalan stand PKH Karanganom yang diisi oleh Kelompok Usaha Bersama KUBE-PKH Pedas Manis Desa Tarubasan dan beberapa KUBE-PKH binaan pendamping social PKH lainnya.

“Sebenarnya stok kami selalu habis, dan kemarin kami diberitahu oleh mbak Ary selaku pendamping social PKH bahwa hari Ahad tanggal 21 Juli 2024 ini nanti ada car free day, sehingga kami membuat kembali produk unggulan kami yaitu sambel pecel merk “Pedas Manis”.” terang Sri Suryani yang juga KPM PKH Desa Tarubasan.

“Kami mengisi stand PKH Karanganom disamping ada KUBE-PKH lainnya yang juga menitipkan produk ke stand ini, jadi kami berdua yang menjaga stand ini hingga selesai”.
imbuhnya.

Sri Suryani bersama Jayanti menjual produk sambel pecel merk “Pedas Manis”, di mana lokasi produksinya berada di dukuh Polodadi RT 002 RW 001 Desa Tarubasan Kecamatan Karanganom. Langkah ini sebagai salah satu dari upaya mengentaskan angka kemiskinan dengan pemberdayaan masyarakat.

Tentu sangatlah tidak mudah, namun ini harus didukung oleh seluruh pihak. Produk ini selayaknya segera diajukan untuk izin proses halalnya sehingga legal dana man dikonsumsi oleh masyarakat karena sudah mengantongi sertifikasi halal.

Di sisi lain, pemerintah desa turut mendukung dengan alokasi dana desa pada pos pemberdayaan masyarakat sehingga mendongkrak ekonomi warganya.

Melalui audiensi di balai desa dan disaksikan oleh kepala desa, jajarannya, serta BPD, pendamping sosial PKH melakukan advokasi social agar kegiatan KUBE-PKH ini dapat masuk dalam RAB APBDes di tahun mendatang sehingga inilah langkah konkret desa dalam rangka mendukung upaya pengentasan kemiskinan di desanya.

Pada aspek kontribusi, KUBE-PKH harus siap jika pemdes atau lembaga lainnya membutuhkan kehadiran KUBE-PKH untuk dapat berperan aktif tampil di garda terdepan sebagai upaya pengentasan kemiskinan melalui pemberdayaan masyarakat.

Arkansa