Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji (mengangkat tangan) ketika menyampaikan sambutan pada acara pembukaan sarasehan guru penggerak yang dilaksanakan di Pendapa Kabupaten Pacitan, Jatim.(Dok.Prokopim Pacitan)

PACITAN (SUARABARU.ID) – Keberedaan guru penggerak, hendaknya mampu menginspirasi dalam upaya meningkatkan kualitas dan mutu pendidikan. Demikian dikemukakan Bupati Pacitan Indrata Nur Bayu Aji, saat membuka sarasehan para guru penggerak.

Bagian Prokopim Pemkab Pacitan, mengabarkan, sarasehan guru penggerak digelar di Pendapa Kabupaten Pacitan. Acara ini, diinisiasi oleh Komunitas Guru Penggerak (KGP), dan diikuti ratusan alumni guru penggerak dari seluruh angkatan di Kabupaten Pacitan.

Sarasehan guru penggerak diisi dengan kegiatan seminar pendidikan dengan tema “Optimalisasi Peran Guru Penggerak Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Di Kabupaten Pacitan.” Menghadirkan nara sumber Prof Dr Siswantoyo MKes, AIFO, yang menjabat sebagai Direktur Sekolah Pasca Sarjana Universitas Negeri Yogyakarta (UNY).

Dalam sambutannya, Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji mengatakan, keberadaan guru penggerak sangat penting untuk kemajuan pendidikan. Sesuai slogan guru penggerak “Tergerak, Bergerak dan Menggerakkan,” Mas Aji (panggilan akrab Bupati Pacitan), berharap para guru penggerak bisa menginspirasi serta meningkatkan kualitas dan mutu pendidikan. Baik pada peningkatan kualitas anak didik, dan mutu para guru serta lingkungan sekolah.

“Semangat terus buat seluruh guru penggerak. Mari selalu bergerak bersama melayani sepenuh hati, wujudkan transformasi pendidikan berkemajuan di Kabupaten Pacitan,” kata Bupati.

Komunitas guru penggerak Kabupaten Pacitan, telah melaksanakan banyak kegiatan dalam rangka turut serta meningkatkan kompetensi guru-guru di Kabupaten Pacitan. Juga dilakukan kolaborasi bersama komunitas, dengan organisasi profesi maupun Perguruan Tinggi (PTS) baik yang ada di Pacitan dari luar Pacitan.

“Sarasehan ini, bertujuan untuk mempererat tali silaturahmi guru penggerak Pacitan, dengan harapan bisa saling bertukar pengalaman,” ujar Ketua KGP Pacitan Nanang Adang Kusdinar.
Bambang Pur