blank
ilustrasi bibir cerah alami. Foto: Pixabay

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Semua wanita pasti ingin punya bibir yang sehat dengan warna kemerahan dan teksturnya lembut lembab. Akan tetapi, ada banyak hal yang bisa menyebabkan warna bibir lantas berubah menjadi kehitaman seolah tidak terawat.

Faktor gaya hidup seseorang juga bisa menjadi salah satu penyebab bibir hitam dan menggelap. Kemudian paling umum adalah akibat paparan sinar UV, kebiasaan merokok, alergi, mengonsumsi kafein yang berlebihan, ketidakseimbangan hormon dan faktor usia.

Warna bibir yang tampak lebih gelap ini juga bisa disebabkan karena gangguan kesehatan tertentu yakni anemia, penyakit kuning, dermatitis, lentigo, hingga sianosis.

Baca Juga: Tips Melembapkan Bibir Secara Alami

Dilansir dari Suara.com selain itu, penggunaan produk kosmetik bibir yang abal-abal atau mempunyai aroma kuat juga bisa menyebabkan warna bibir lebih gelap.

Seperti dirangkum dari honestdocs, berikut lima cara alami menghilangkan bibir hitam:

1. Scrub gula

Untuk menghilangkan bibir hitam secara alami ini bisa dengan menggunakan scrub bibir gula yang bertujuan mengikis sel kulit mati.

Dengan cara, mencampurkan tiga sendok gula dengan dua sendok mentega, lalu gosokkan pasta pekat tersebut hingga ke permukaan bibir.

Baca Juga: Tips Membuat Bibir Merah Merona Secara Alami

Tekstur gula yang kasar ini bisa membantu dalam menghilangkan sel kulit mati, sedangkan mentega bisa meningkatkan warna dan menghaluskan permukaan bibir. Agar warna bibir semakin cerah, lakukan scrub dengan gula ini 2 hingga 3 kali dalam seminggu.

2. Minyak alami

Oleskan minyak alami seperti minyak kelapa, minyak zaitun, atau minyak almond pada bibir sebelum tidur. Minyak ini membantu melembapkan bibir dan mencegahnya menjadi kering dan pecah-pecah.

3. Madu dan Lemon

Oleskan madu pada bibir dan biarkan selama beberapa menit sebelum membilasnya. Madu memiliki sifat pelembap dan antioksidan yang membantu memperbaiki warna bibir. Sementara itu, oleskan sedikit jus lemon pada bibir kamu.

Baca Juga: Tips Membuat Bibir Hitam Kembali Merah Muda

Lemon memiliki sifat pemutih alami yang dapat membantu mengurangi warna gelap pada bibir. Akan tetapi, gunakan dengan hati-hati karena lemon bisa membuat kulit sensitif menjadi lebih sensitif lagi.

3. Mentimun

Kamu bisa mengiris tipis mentimun dan tempelkan irisan tersebut pada bibir selama beberapa menit. Mentimun membantu mendinginkan dan melembapkan bibir.

4. Minum cukup air dan Hindari Kebiasaan Buruk

Pastikan kamu cukup terhidrasi dengan minum cukup air setiap hari. Kurangnya hidrasi dapat menyebabkan bibir menjadi kering dan gelap. Selain itu, menghindari kebiasaan buruk seperti merokok dan mengonsumsi minuman beralkohol yang dapat menyebabkan bibir menjadi lebih gelap.

5. Makan makanan bergizi

Dengan mengonsumsi makanan sehat yang kaya akan vitamin dan mineral seperti buah-buahan dan sayuran segar. Nutrisi yang cukup akan membantu menjaga kesehatan bibir.

Demikianlah ulasan beberapa cara alami untuk menghilangkan bibir hitam agar berwarna cerah merona. Selamat mencoba di rumah dan semoga bermanfaat.

Claudia