blank
Siswa-siswi SMAN 1 Demak berfoto bersama pengisi acara dan guru pendamping. Foto: bbjt

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Sejumlah 40 siswa SMAN 1 Demak, berpartisipasi aktif dalam kegiatan Kamus Masuk Sekolah, yang digelar Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah, pada Selasa-Rabu (16-17/5/2023), di aula sekolah setempat.

Kegiatan yang bertajuk Peningkatan Kompetensi Generasi Muda dalam Pemanfaatan Produk Perkamusan itu, bertujuan membangkitkan literasi generasi muda melalui pengenalan kamus. Diharapkan, siswa memahami penggunaan kata, pemilihan kata, dan nuansa makna sebuah kata.

”Kami berharap, para siswa dapat menerima manfaat dari kegiatan ini,” kata Andy Rahmadi Santoso, Kepala Subbagian Umum BBJT, saat membuka kegiatan.

BACA JUGA: Revitalisasi Bahasa Daerah untuk Dekatkan pada anak-anak

Sementara itu, Kepala SMAN 1 Demak, Solikhin mengungkapkan, pihaknya sangat bersyukur mendapatkan kesempatan bekerja sama dengan BBJT. ”Kami yakin, melalui kegiatan ini siswa-siswi akan lebih paham bagaimana mencari kata di dalam kamus. Dengan begitu, mereka lebih jeli memilih kata beserta maknanya,” ungkap Solikhin.

Sementara itu, Koordinator KKLP Perkamusan dan Peristilahan BBJT, Ema Rahardian MHum menambahkan, para siswa SMAN 1 Demak dilatih oleh Duta Bahasa Provinsi Jateng, tentang tata cara mencari kata di dalam kamus cetak yang benar.

”Ada tajuk di setiap halaman kamus, yang jika dimanfaatkan akan memudahkan pencarian,” ujar Ema.

BACA JUGA: Antusiasme Peserta Ikuti Public Speaking di MAN 1 Semarang

Dijelaskan juga, di awal kegiatan siswa kurang memanfaatkan tajuk itu. Namun setelah dilatih, siswa-siswi itu kemudian memanfaatkan tajuk dalam pencarian kata,” ujarnya.

Tiyo Ardianto, narasumber yang juga Duta Bahasa Provinsi Jateng, mengajak para siswa menulis puisi. Kemudian mereka diminta untuk mencari padanan kata dalam puisi itu, dengan menggunakan tesaurus, melalui aplikasi Halo Bahasa.

Halo Bahasa sendiri merupakan super aplikasi, yang memuat beragam layanan kebahasaan dan kesastraan, yang disusun Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa (Badan Bahasa), Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Ada beberapa layanan dalam produk perkamusan Badan Bahasa dalam aplikasi Halo Bahasa, yaitu KBBI Daring, Tesaurus, Pasti (Padanan Istilah Asing-Indonesia), serta Ensiklopedia.

Riyan