blank
Ilustrasi brown sugar. Foto: Pixabay

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Sama-sama berwarna cokelat, rupanya brown sugar dan palm sugar merupakan jenis gula yang berbeda. Bagi pecinta kuliner, tentunya tidak asing dengan nama-nama ini, bukan?

Dilansir dari suara.com pada Senin (29/8/2022), brown sugar dan palm sugar sendiri seringkali ditemukan pada menu-menu di restoran, kafe, atau tempat makan lainnya. Kedua jenis gula itu bahkan sempat viral.

Lantas, apa perbedaan antara brown sugar dengan palm sugar? Cari tahu informasi selengkapnya berikut ini.

Baca Juga; Bingung Kasih Kado Bayi Baru Lahir, Ini 7 Inspirasi yang Dijamin Bermanfaat

Brown Sugar

Brown sugar terbuat dari gula tebu yang ditambahkan molases. Fungsinya, agar gula menjadi berwarna kecokelatan, bertekstur lembab, dan memiliki aroma khas karamel atau toffee.

Molases sendiri merupakan tetes tebu, salah satu produk hasil pengolahan gula tebu yang sudah tidak dapat dikristalkan lagi. Bentuknya berupa cairan kental berwarna coklat, dengan kandungan sukrosa yang cukup tinggi.

Ada dua jenis brown sugar, yakni light brown sugar dan dark brown sugar. Light brown sugar menjadi brown sugar yang paling umum dipakai pada resep. Warna dan aroma khas karamelnya cenderung lembut, sehingga sangat cocok jika dijadikan bahan membuat kue atau minuman.

Baca Juga: Empat Manfaat Mengonsumsi Teh Jahe Sebelum Tidur

Sementara dark brown sugar memiliki warna lebih pekat dan rasa yang lebih kuat. Jenis ini cocok digunakan untuk pembuatan saus barbeku, puding, dan kue yang berwarna gelap.

Manfaat Brown Sugar

Brown sugar mengandung kalium yang dapat menjaga tekanan darah tetap stabil. Meski begitu, kadarnya tergolong rendah sehingga kamu tetap perlu mengonsumsi makanan tinggi kalium lain guna memenuhi asupannya sehari-hari.

Tak hanya itu, brown sugar juga memiliki kandungan kalsium yang baik bagi kesehatan tulang. Sebab, penting untuk selalu memenuhi asupan kalsium agar tulang tetap kuat dan terhindar dari osteoporosis (pengeroposan).

Baca Juga: Tujuh Manfaat Madu Murni Bagi Kesehatan, Salah Satunya Dapat Menyembuhkan Luka

Palm Sugar

Palm sugar merupakan gula yang berasal dari air batang pohon palem, seperti aren dan kelapa. Air tersebut kemudian direbus hingga mengental, dan didiamkan sampai mengeras.

Semakin lama dimasak, maka warna yang dihasilkan akan semakin gelap dan rasanya pun lebih kaya. Palm sugar memiliki tekstur cenderung kering dan berbutir agak kasar.

Palm sugar ada yang berbentuk serbuk, cair, atau padat berupa blok. Jenis ini biasa digunakan sebagai bahan untuk membuat kue, roti, serta pemanis pada minuman.

Baca Juga: Lima Manfaat Kubis Merah, Salah Satunya Bersifat Antikanker

Manfaat Palm Sugar

Palm sugar mengandung vitamin, mineral, serta indeks glikemik yang lebih rendah daripada gula tebu. Ada pula inulin yang berfungsi sebagai serat pangan prebiotik, si pemberi makan bakteri baik di usus.

Gula ini juga berperan melindungi sel-sel tubuh dari paparan efek radikal bebas. Zat ini merupakan pemicu terjadinya beragam penyakit kronis, seperti penyakit Alzheimer dan kanker. Manfaat tersebut berasal dari kandungan antioksidan yang tinggi di dalam palm sugar.

Claudia