Babinsa Koramil 14/Sukoharjo Wonosobo Serka Nasoka ketika melatih PBB Linmas Desa Sempol. Foto : SB/Muharno Zarka

WONOSOBO(SUARABARU.ID)-Serda Nasoka Babinsa Koramil 14/Sukoharjo Kodim 0707/Wonosobo bersama dengan Babinkamtibmas Polri melaksanakan pelatihan anggota Linmas Desa Sempol Sukoharjo dalam rangka peningkatan kemampuan PBB dan sekaligus sebagai ajang silaturahmi.

Serda Nasoka, Selasa (15/12) menyampaikan bahwa Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) yang merupakan komponen yang disiapkan sebagai cadangan pertahanan negara untuk memperkuat pasukan inti yaitu TNI, tidak boleh di pandang sebelah mata.

“Semangat pengabdian kepada negara, khususnya lingkungan masyarakat sekitar, perlu diapresasi. Pengorbanan waktu, keikhlasan dan semangat dalam setiap kegiatan dan keberadaanya patut diacungi jempol,” tegasnya.

Dalam kesempatan tersebut, Babinsa TNI Desa Sempol dibantu anggota Babinkamtibmas Polri Brigadir Dwi Saputro juga memberikan motivasi dengan memberikan materi PBB dan yel-yel terhadap anggota Linmas Desa Sempol Sukoharjo.

“Apa yang telah dilaksanakan anggota Linmas adalah tugas yang sangat mulia. Apalagi sering dilaksanakan pembinaan dan penyegaran dengan harapan anggota Satlinmas mengetahui, memahami, dan mampu melaksanakan tugas dan kewajibannya,” tutur dia.

Satlinmas, sambungnya, di tengah-tengah masyarakat selalu melaksanakan tugas dengan semangat dan penuh dedikasi yang tinggi. Punya naluri rasa cinta tanah air yang baik dan tetap terasah dengan baik.

Lebih Disiplin

Bhabinkamtibmas Polsek Sukoharjo Brigadir Dwi Saputro ketika ikut melatih PBB Linmas Desa Sempol. Foto : SB/Muharno Zarka

“Latihan PBB dapat membentuk seseorang menjadi lebih disiplin. Karena dalam latihan PBB, Linmas di perintahkan untuk mematuhi instruksi pimpinan dan menjalankan tugas dengan sepenuh hati,” tandasnya.

Dalam PBB, menurut dia, juga diajarkan dalam melaksanakan perintah harus sesuai waktu yang telah ditentukan. Jika itu semua diterapkan dalam kehidupan sehari-hari maka akan sangat baik sekali.

“Manfaat yang lain dari PBB adalah melatih untuk menanamkan rasa kebersamaan, rasa persaudaraan. Karena dalam PBB gerakannya harus sama, baik dalam waktu maupun ketepatan,” beber dia.

Menurutnya, dalam latihan maupun penerapan tugas sehari-hari, Linmas tidak boleh ada gerakan yang tidak satu padu. Kebersatuan dan kebersamaan menjadi nafas bersama. Sehingga tercipta kekompakan dan kekuatan di masyarakat.

Kepala Desa Sempol, Tegus Santosa memberikan ucapan terimakasih kepada Babinsa TNI dan Babinkamtibmas Polri yang sudah bersedia membantu Linmas Desa Sempol melatih PBB.

“Semoga dengan arahan dan bimbingan tersebut anggota Linmas semakin profesional dalam menjalankan tugas. Bisa menjadi garda terdepan bagi keamanan dan ketertiban di masyarakat,” pungkasnya.

Muharno Zarka-Wahyu