Tim Beregu Putra Sepak Takraw Jateng berfoto bersama usai jadi yang terbaik. Foto: joko

ACEH TIMUR (SUARABARU.ID)– Dua medali emas sekaligus, dibawa pulang Tim Sepak Takraw Jawa Tengah, saat tampil di PON XXI/2024 Aceh-Sumut. Dua emas itu diperoleh melalui nomor Beregu Putra dan Putri, pada pertandingan yang digelar di Gedung Idi Sport Centre, Kabupaten Aceh Timur, Kamis (19/9/2024).

Emas pertama disumbangkan Tim Beregu Putri, usai mengalahan Jawa Barat dengan skor 2-0 (15-5, 15-13). Tim Beregu Putri Jateng ini bermaterikan Evana Rahmawati, Rikha Khilmiyati, Dona Aulia, Ninda Anisa Nurhamida, Frisca Kharisma A, dan Rahma Tria Sabrina.

Sedangkan di Tim Beregu Putra, Jateng meraih medali emas usai menumbangkan Gorontalo dengan skor 2-1 (11-15, 15-10, 15-6). Skuad putra Jateng diperkuat Victoria Eka P, Rifqy Puji Santoso, Mandeg Suharno, M Ubaidur Rohman, Yudha Aswinatama, dan Anwar Budiyanto.

BACA JUGA: Atlet Sepak Takraw asal Jepara Berhasil Sabet Medali Emas di Ajang PON XXI Aceh-Sumut

Manajer Tim Sepak Takraw Jateng, Musthakim, memberikan apresiasi atas pencapaian dua emas ini. Raihan dua emas ini, juga sudah memenuhi target baik dari KONI Jateng dan Pengprov PSTI.

Alhamdulillah, target dari KONI Jateng hanya satu emas, tapi kami bisa menyumbangkan tiga emas di PON ini. Dan target medali dari pengurus Pengprov PSTI dua emas,” kata dia usai upacara pengalungan medali.

Diakuinya, kunci keberhasilannya terletak pada semangat bertanding dan motivasi yang luar biasa dari semua pemain. Apalagi partai final kali ini bertemu dengan lawan yang sama, ketika digelar PON di Papua pada 2021 lalu.

BACA JUGA: Kemenkumham Jawa Tengah Gelar Bimtek Kehumasan dan Kerja Sama di Wilayah Eks Karesidenan Pati

”Pada PON Papua lalu, tim putri bertemu Jabar dan kami kalah. Dan kali ini gantian kita bisa menang. Begitu juga tim putra yang bertemu Gorontalo kalah pada waktu itu. Namun kali ini kita yang menang,” ungkapnya.

Selain itu juga, materi pemain saat ini cukup bagus dan solid. Apalagi pemain sepak takraw putri ada yang merupakan anggota Polwan, yakni Evana Rahmawati dari Jepara.

”Materi pemain kami luar biasa, mereka solid dan punya semangat sangat tinggi. Sehingga mereka bisa bermain lepas dan tanpa beban. Selain itu, secara mental pemainnya sudah matang dan terbentuk dengan baik,” tandasnya.

Seperti diketahui, pencapaian tiga emas kali ini, juga sama yang ditorehkan Jateng pada waktu PON 2008 Kaltim. Kala itu sepak takraw Jateng meraih tiga medali emas, dan tiga perak.

Riyan