PT PLN Indonesia Power UBP Semarang bersama IZI salukan Program Pemberdayaan difabel mandiri di tiga kota/Kabupaten. Foto: Humas

SEMARANG (SUARABARU.ID)- PT PLN Indonesia Power UBP Semarang bersama Inisiatif Zakat Indonesia (IZI) Jawa Tengah, menyalurkan program pemberdayaan kelompok difabel mandiri di Kota Semarang, Kabupaten Demak & Kabupaten Kendal. Kolaborasi kedua lembaga ini telah memberikan dampak positif yang signifikan bagi peningkatan kualitas hidup para penyandang disabilitas.

Program Pemberdayaan Difabel ini memberikan berbagai bentuk bantuan kepada kelompok difabel, mulai dari bantuan modal/peralatan usaha hingga pendampingan usaha untuk memastikan usaha penerima manfaat berjalan dengan baik. Tujuan utama dari program ini adalah untuk membekali para difabel dengan kemampuan yang diperlukan untuk dapat mandiri secara ekonomi dan sosial.

Bantuan usaha yang diberikan disesuaikan dengan kebutuhan usaha masing-masing penerima manfaat, seperti Gergaji Jig Saw dan Mesin Bor Kayu bagi Pak Anton yang memiliki usaha mengolah limbah plastik. Ada juga peralatan batik seperti kain prisma, malam batik, kompor minyak, wajan, canting untuk Ibu Sri Suprapti yang memiliki usaha batik.

Baca Juga: Hari Pelanggan Nasional, PLN UP3 Surakarta Lakukan Survei Kepuasan Pelanggan

Erwin Putranto Selaku Senior Manager PT PLN Indonesia Power UBP Semarang menambahkan, “Sebagai PLTGU berbahan bakar gas yang ramah lingkungan kami melaksanakan tanggung jawab sosial perusahaan, diantaranya program pemberdayaan kelompok difabel. Kami percaya bahwa setiap individu memiliki hak yang sama untuk hidup layak dan berkarya. Saya ucapkan terimakasih kepada IZI yang telah membersamai dan bekerjasama selama ini.”

“Kami sangat bersyukur atas sinergi kebaikan ini. Dengan dukungan dari PT PLN Indonesia Power UBP Semarang, kami dapat memberikan kesempatan bagi para difabel untuk mengembangkan potensi diri dan berkontribusi bagi masyarakat.” ungkap Retno Widowati selaku Kabid PPZ IZI Jawa Tengah.

Satu dari enam kelompok penerima manfaat program yang menyandang disabilitas tuna rungu, Sri Suptapti, mengungkapkan rasa terima kasihnya atas bantuan yang telah diberikan. “Terimakasih banyak PT PLN Indonesia Power UBP Semarang semoga sukses dan berhasil meraih PROPER emas ditahun ini,” ujarnya dengan bahasa isyarat.

Claudia