Radio Republik Indonesia
Kepala Stasiun RRI Semarang , Ngatno saat memimpin doa bersama menyambut Hari Radio di Auditorium RRI Semarang, Selasa ( 10/9/ 2024). Foto: Dok. RRI Semarang)

SEMARANG(SUARABARU.ID)-Memasuki usianya yang semakin matang yakni 79 tahun , Radio Republik Indonesia( RRI) terus berkomitmen untuk memberikan inspirasi bagi seluruh masyarakat.

“Radio Republik Indonesia terus berkomitmen untuk memberikan inspirasi bagi seluruh masyarakat.Hal itu, sesuai dengan tema Hari Radio tahun ini yang jatuh 11 September. Tema tahun ini yakni Inspirasi Indonesia,”kata Kepala Stasiun RRI Semarang , Ngatno dalam rilis yang diterima, Selasa ( 10/9/ 2024).

Ngatno mengatakan,  tema ‘’Inspirasi Keindonesiaan’’ memberikan makna RRI harus mampu memberikan inspirasi bagi seluruh kalangan. Selain itu, sebagai lembaga penyiaran publik, isi siaran RRI diharapkan dapat berdampak positif bagi masyarakat.

“Intinya, kami harus memberikan manfaat sebanyak-banyaknya untuk publik. RRI sebagai radio public. Kami mempunyai tanggung jawab kepada publik,” ujarnya,

Ia menjelaskan, tanggung jawab tersebut bermakna RRI harus mampu melayani seluruh kalangan masyarakat. Siaran RRI harus menjangkau masyarakat dimanapun mereka berada.

Selain itu, konten-konten siarannya harus membangun dan semakin dirasakan manfaatnya oleh publik. Dengan kata lain, siaran RRI harus berdampak.

Ia  menambahkan, RRI saat ini juga tengah berkembang sebagai media multiplatform. Selain siaran terrestrial, masyarakat juga dapat menikmati konten-konten RRI melalui media digital. Yakni, aplikasi RRI Digital yang bisa diakses melalui gawai.Kemudian juga ada portal berita daring,  melalaui laman www.rri.co.id.

Ketua Panitia Hari Radio ke-79 tingkat RRI Semarang, Ryan Fernanda mengatakan, RRI Semarang menggelar berbagai kegiatan dalam rangka menyambut peringatan Hari Radio yang diperingati setiap 11 September. Rangkaian kegiatan peringatan Hari Radio tersebut  telah berlangsung sejak  9 Agustus lalu hingga 11 September 2024.

“Ada lomba-lomba antar pegawai dengan konsep yang gembira,  sehingga bisa meningkatkan kebersamaan. Ada juga kegiatan anjangsana sosial ramah tamah bersama pensiunan RRI,” ujarnya.

Ia menambahkan, pada puncak peringatan Hari Radio, para angkasawan dan angkasawati RRI Semarang akan mengikuti  serangkaian kegiatan. Yakni, setelah upacara bendera di halaman RRI Semarang juga  mengikuti prosesi penyulutan obor Tri Prasetya RRI yang dilakukan serentak secara nasional.  W. Cahyono