Tim PB Djarum mengangkat Piala Liem Swie King, setelah memastikan keluar sebagai juara di kejuaraan Polytron Superliga U19 Putra, yang berlangsung di GOR Djarum, Magelang, Minggu (18/8/2024). Foto: dok/djarum

MAGELANG (SUARABARU.ID)– Manager Team PB Djarum, Fung Permadi menyatakan bersyukur, usai para pebulutangkis muda didikannya, sukses menyapu bersih seluruh gelar juara Polytron Superliga Junior 2024, yang digelar di GOR Djarum, Magelang, Senin-Minggu (12=18/8/2024).

Hasil ini juga menjawab target dari klub, dengan memboyong empat piala yang diperebutkan dalam turnamen itu. Di edisi tahun ini, PB Djarum memboyong Piala Yuni Kartika (U17 Putri) dan Piala Hariyanto Arbi (U17 Putra), pada partai final kategori U17 yang diselenggarakan Sabtu (17/8/2024).

Satu hari berselang, Minggu (18/8/2024), giliran pebulutangkis muda dari klub yang bermarkas di Kudus ini, meraih Piala Susy Susanti (U19 Putri) dan Liem Swie King (U19
Putra).

BACA JUGA: Petilasan Mbah Kamunoyoso di Desa Tempur: Tak Sekedar Situs Sejarah, Namun Sarat Makna Spiritual yang Mempersatukan

Sejatinya, upaya menyapu bersih seluruh gelar juara terlihat, saat PB Djarum menerjunkan dua tim (PB Djarum A dan PB Djarum B) di tiga kategori, yakni U17 Putra, U17 Putri dan U19 Putri dalam turnamen ini.

”Saya mengapresiasi prestasi ini, yang menjawab target dari klub untuk sapu bersih semua gelar juara. Diselenggarakannya turnamen ini juga bertujuan, supaya atlet-atlet junior mendapat pengalaman bertanding level internasional,” kata Fung, usai laga.

Disampaikan juga, hasil ini merupakan buah dari upaya PB Djarum melakukan regenerasi atlet. Salah satunya dilakukan dengan cara menyelenggarakan Audisi Umum PB Djarum secara rutin.

BACA JUGA: Pj Gubernur Jateng Nana Sudjana Luncurkan Jersey  Bank Jateng Tour de Borobudur 2024

”Regenerasi atlet mutlak dilakukan, untuk memperkuat ekosistem bulu tangkis dan menjaga mata rantai prestasi cabang olahraga ini, di panggung dunia. Untuk itu kami juga rutin menyelenggarakan Audisi Umum, yang terbuka bagi atlet muda dari seluruh penjuru Indonesia,” jelas dia lagi.

Sedangkan Vina Julita Wijaya, Head of Public Communications Polytron, juga menyampaikan apresiasinya kepada klub PB Djarum, yang sukses menyapu bersih seluruh gelar bergengsi di event ini.

Dia pun berharap, kemenangan di arena pertandingan ini dapat menjadi pijakan menumbuhkan kepercayaan diri, mental dan kemampuan, demi menghadapi turnamen dan lawan yang lebih tinggi lagi.

BACA JUGA: HUT ke 79 Jateng, Pj Gubernur Nana Sudjana Ikut Lari Bareng Ribuan Warga di Salatiga

”Selamat kepada para pemenang, semoga ini bisa menjadi modal penting untuk meningkatkan kemampuan serta teknik para atlet. Sehingga ketika masuk di level dewasa, mereka bisa berkontribusi mengharumkan nama bangsa di panggung dunia,” tutur dia.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Pengprov PBSI Jateng, Basri Yusuf menyampaikan hal yang sama, atas raihan prestasi PB Djarum ini. Dia berharap, turnamen dengan format beregu ini dapat rutin diadakan, sehingga bisa menjadi ajang mengasah dan menambah pengalaman para atlet muda untuk merasakan atmosfer kejuaraan beregu.

”Terima kasih kepada seluruh atlet yang telah berpartisipasi dalam Polytron Superliga Junior 2024. Bagi kami, turnamen beregu seperti ini sangat penting untuk memberikan kesempatan bagi para atlet, merasakan atmosfer kejuaraan beregu yang terbilang cukup jarang saat ini,” ungkap dia.

BACA JUGA: Kirab Saparan Desa Ngembal Kulon Berlangsung Meriah

Dalam dua partai final yang digelar itu, hasil akhir dari laga U19 Putri dan U19 Putra, sama. Masing-masing tim mampu mengalahkan lawan-lawannya dengan skor 3-0. Tim PB Djarum A mengunci kemenangan 3-0 atas PB Djarum B di final.

Tiga angka itu masing-masing dipersembahkan Sausan Dwi Ramadhani, yang menang atas Ni Ketut Winda Suryaningtias dengan skor 21-15, 17-21, 21-14. Dua angka berikutnya disumbangkan melalui ganda putri Bernadine Anindya Wardana/Titis Maulida Rahma dan tunggal putri Shandy Tirani Mahesi, yang juga diganjar sebagai Atlet Favorit U19 Putri.

Di sektor U19 Putra, PB Djarum meraih gelar juara usai mengalahkan PB Mutiara Cardinal. Tunggal pertama PB Djarum, Moh Zaki Ubaidillah, membuka keunggulan usai menang 21-8, 21-15 atas wakil PB Mutiara Cardinal, Faisal Muhammad Fikri.

BACA JUGA: Dukungan Sudah Final, PKB Berikan Form B1-KWK kepada Sam’ani-Bellinda

Selanjutnya, kemenangan juga diperoleh PB Djarum pada partai kedua yang mempertemukan ganda putra Anselmus Breagit Fredy Prasetya/Pulung Ramadhan (PB Djarum) dengan Ahmad Tarindo Akbar/Fachry Adnan Pamungkas (PB Mutiara Cardinal), dengan poin 21-13, 21-9.

PB Djarum memastikan gelar juara di kategori ini, lewat partai ketiga yang mempertemukan Richie Duta Richardo (PB Djarum) melawan Akmal Zaidan Pamuji (PB Mutiara Cardinal). Richie memenangi duel ini dengan skor 21-7, 21-16.

Di event ini, Richie diganjar sebagai Atlet Favorit U19 Putra. Sebagai catatan, sepanjang penyelenggaraan Superliga Junior sejak 2016, ini adalah kali pertama sebuah klub memboyong seluruh titel kampiun.

Juara Polytron Superliga Junior 2024:
U-17 Putri
Juara I: PB Djarum
Juara II: PB Mutiara Cardinal
Juara III: PB Djarum dan PB Jaya Raya
Atlet Favorit: Kayla Arsya Medina (PB Mutiara Cardinal)
U-17 Putra
Juara I: PB Djarum
Juara II: PB Jaya Raya
Juara III: Gideon Badminton Academy dan PB Djarum
Atlet Favorit : Muhammad Rizki Mubarrok (PB Djarum)
U-19 Putri
Juara I: PB Djarum A
Juara II: PB Djarum B
Juara III: Banthongyord Thailand dan Hong Kong China
Atlet Favorit : Shandy Tirani Mahesi (PB Djarum)
U-19 Putra
Juara I: PB Djarum
Juara II: PB Mutiara Cardinal
Juara III: Sports Affairs Malaysia dan PB Power Rajawali
Atlet Favorit: Richie Duta Richardo (PB Djarum)

Riyan