Jamaah haji asal Kabupaten Kudus saat prosesi penyambutan di gedung JHK, Sabtu, 13 Juli 2024. foto: Ali Bustomi

KUDUS (SUARABARU.ID) – Sebanyak 1.364 jamaah haji asal Kabupaten Kudus telah tiba dari tanah suci. Suasana haru pun menyelimuti penyambutan kedatangan jamaah haji Kabupaten Kudus yang dipusatkan di Gedung JHK Kudus.

Kedatangan jamaah haji Kudus berlangsung dalam beberapa gelombang. Jemaah kelompok terbang (kloter) 68 tiba pada Jumat (12/7) malam. Kemudian disusul kloter 69 tiba di JHK pada Sabtu (13/7)  pukul 11.00 WIB, kloter 70 pada pukul 17.15 WIB, kloter 71 dijadwalkan pukul 19.00 WIB, dan kloter 72 dijadwalkan tiba pukul 22.30 WIB.

Kedatangan para jamaah haji pun disambut tangis haru dan pelukan dari keluarga masing-masing. Penjabat Bupati Kudus Dr. M. Hasan Chabibie meminta berkah doa dari para jamaah haji Kudus yang kembali ke tanah air.

Hasan Chabibie juga menyampaikan bahwa pihaknya ingin agar jamaah haji menjadi teladan di masyarakat.

“Saya tadi sempat tagih janji (ke jemaah haji). Jadi waktu itu saya minta tolong untuk didoakan, agar Kabupaten Kudus dan masyarakat Kudus aman, sejahtera, serta ekonominya berkah. Alhamdulillah sudah didoakan semuanya,” kepada media ini.

Dalam penyambutan jemaah haji itu, Hasan juga menyampaikan rasa terima kasihnya terhadap panitia penyelenggara, Kemenag, hingga tokoh masyarakat, selama jemaah haji menuaikan ibadah haji di Makkah dan Madinah.

“Saya mengucapkan terima kasih terhadap semua kepanitiaan yang terlibat dari kemenag, KBIH, Pemda, dan semua tokoh masyarakat yang terlibat dalam proses ibadah haji ini, mulai dari pemberangkatan, pendampingan di Makkah dan Madinah, sampai dengan kepulangan ini,” tuturnya.

Pihaknya merasa senang, sebab jemaah haji yang tiba di kampung halaman tercinta itu dengan kondisi yang sehat wal afiat. Dia berharap, semoga semua jemaah menjadi haji yang mabrur.

“Alhamdulillah semuanya pulang dengan utuh, kopernya juga sudah siap, sehingga jemaah tidak perlu menunggu lama dan bisa kembali berjumpa keluarganya masing-masing,” ujarnya.

“Kita lihat semua tadi dengan kondisi yang sehat wal afiat, dan tentunya sangat senang karena berjumpa dengan keluarga dan kembali ke kota tercinta ini, insyaallah semuanya haji mabrur, dan insyaallah nanti juga akan luber keberkahannya untuk masyarakat Kudus, dan Kabupaten Kudus sendiri,” ungkapnya.

Selain itu, Hasan Chabibie menyampaikan bahwa jamaah haji harus bisa menjadi teladan di masyarakat. “Haji itu panggilan Allah, hanya orang terpilih yang bisa berangkat. Jadi memang ini keberkahan yang luar biasa. Maka, saya titip agar jamaah haji harus bisa menjadi teladan masyarakat di sekitarnya,” terangnya.

Ali Bustomi