Ketika memasuki jeram, inilah sensai yang ditunggu, teriakan gembira pun muncul sembari wajah dan tubuh tarsapu air. Foto: Sendal River Tubing

Ya, karena aliran sungai ini memang merupakan sistem pembuangan Waduk Wadaslintang. Jadi, salah satu fungsinya sebagai pengendali banjir, ya menjadikan Sungai Bedegolan tidak pernah meluap.

Kemudian, keunikan lainnya adalah, terdapat batu-batu vulkanik besar di aliran sungai ini. Bahkan, ada yang sangat besar dan berada di tengah sungai, sehingga menjadi semacam delta keras. Kemudian di tebing-tebingnya, batuan vulkanik indah menghiasi.

Seperti dituturkan Salim, di hulu Sungai Bedegolan, di kaki Waduk Wadaslintang terdapat sebuah bukit yang cukup tinggi dan tegak. “Itu dulu merupakan gunung api purba, dan disebut sebagai Gunung Rayang. Ketika Meletus, ribuan tahun lalu, memuntahkan lava dan membeku menjadi batu vulkanik termasuk di antaranya di aliran Sungai Bedegolan.

River Tubing

Sungai Bedegolan bukan tipe aliran yang deras dengan jeram ekstrem seperti Progo atau Serayu. Jeramnya ringan, dengan kedalaman ada yang sampai 25 meter.

Berada di air yang tenang, mengalir saja mengikuti air, tetapi waspada karena banyak batu. Foto: Sendal River Tubing

“Tetapi sangat aman untuk river tubing. Selain itu, kami para pemandu profesinal yang besertifikat,” ujar seorang pemandu river tubing Sendangdalem yang punya nama keren “Sendal River Tubing”.