Tim PKM-PI USM melakukan foto bersama para pelaku UMKM, usai melakukan sosialisasi penggunaan website goumkm, sebagai solusi digital pemasaran produknya. Foto: dok/usm

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Tim Program Kreativitas Mahasiswa Penerapan Iptek (PKM-PI) Universitas Semarang (USM), belum lama ini melakukan sosialisasi penggunaan website goumkm, sebagai solusi digital pemasaran produk UMKM, di Balai Kelurahan Barusari dan Bulustalan pada 26 Juni 2024.

Dalam kegiatan yang dihadiri Lurah Barusari Endang Saptorini, dan Sekretaris Lurah Bulustalan Setiyo Samiyono SH ini, tim PKM-PI USM terdiri dari Ketua Sekar Cinta Amaria, anggota Hetta Rachma, Ikhwanul Husna, dan Pramudya Shaka Nugraha.

”Pelaku UMKM di Kelurahan ini sangat banyak, namun sebagian besar dari mereka belum memanfaatkan media online sebagai media promosi. Semoga dengan adanya website goumkm yang telah dibuat mahasiswa USM ini, dapat bermanfaat, agar produk mereka dapat menjangkau pasar yang lebih luas lagi,” kata Lurah Endang.

BACA JUGA: Tidak Hanya Market Driven, USM Ikut Jadi Aktor Perubahan

Hal senada diungkapkan Sekretaris Lurah Bulustalan, Setiyo Samiyono. Menurutnya, program yang dilakukan Tim PKM-PI USM ini sangat bagus. Terutama dibutuhkan para pelaku UMKM, untuk memasarkan produknya secara online.

”Saya berharap, kerja sama ini dapat terus berlanjut, karena memberikan dampak positif bagi perkembangan UMKM di Kelurahan Bulustalan,” ujarnya.

Sosialisasi ini juga disambut positif dari pelaku UMKM setempat. Salah satu pelaku UMKM yang hadir, Henny menyampaikan, kegiatan yang digelar tim PKM-PI USM ini sangat bermanfaat bagi para pelaku UMKM.

BACA JUGA: 85 Mahasiswa FTP USM Ikuti Pelatihan di PT Sriboga

”Dengan adanya pelatihan ini, saya jadi lebih paham cara memasarkan produk secara online. Terima kasih kepada mahasiswa USM, yang telah membuat platform ini dan mengajari cara menggunakannya,” ungkap dia.

Sementara itu, Ketua Tim PKM-PI USM, Sekar Cinta menyatakan, pihaknya telah berhasil mengembangkan website ini, untuk pemasaran produk UMKM khususnya di Kelurahan Barusari dan Kelurahan Bulustalan, yang diberi nama goumkm (GOUMKM).

Pada sosialisasi itu, para peserta diberikan materi mengenai cara menggunakan website goumkm, dan pengenalan fitur-fitur yang tersedia di platform itu.

BACA JUGA: Mahasiswa Magister Hukum USM KKL di Mahkamah Konstitusi

”Kami berusaha menyediakan platform gratis ini untuk para pelaku UMKM, khususnya di Kelurahan Barusari dan Bulustalan. Website ini sekaligus juga untuk mempromosikan produknya, agar dapat menyesuaikan dengan perkembangan zaman,” tutur Sekar.

Menurutnya, pelaku UMKM akan menjumpai banyak kendala dalam pemanfaatan teknologi, seperti keterbatasan pengetahuan dan sumber daya manusia.

Riyan