Sebanyak 85 mahasiswa FTP USM, saat mengikuti pelatihan pengolahan pangan berbahan dasar tepung, di PT Sriboga Semarang. Foto: dok/usm

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Fakultas Teknologi Pertanian (FTP) Universitas Semarang (USM), belum lama ini bekerja sama dengan PT Sriboga Semarang, mengadakan pelatihan pengolahan pangan berbahan dasar tepung. Pelatihan ini dilakukan di PT Sriboga Semarang.

Dekan FTP USM, Prof Dr Ir Haslina MSi mengatakan, kegiatan ini diikuti sebanyak 85 mahasiswa semester akhir. Pelatihan digunakan untuk mengedukasi mahasiswa, agar dapat memanfaatkan tepung sebagai bahan baku unggulan, guna menghasilkan produk yang berkualitas.

”Kami berharap, pelatihan ini bisa meningkatkan pengetahuan dan wawasan mahasiswa, mengenai proses pengolahan pangan berbahan dasar tepung. Hal ini untuk menciptakan pangan modern, baik dari segi keamanan pangan, gizi dan nilai ekonomi,” katanya.

BACA JUGA: Alumni Internasional Sambut Rektor Unissula di Timor Leste

Ditambahkan dia, kegiatan ini menarik minat mahasiswa untuk berkreasi melalui olahan pangan berbahan dasar tepung. Tepung terigu berprotein tinggi itu, memiliki kadar protein sekitar 14-16 persen. Dengan kadar protein yang tinggi, tepung ini menghasilkan adonan dengan tekstur kenyal dan elastis.

”Bahan dasar tepung digunakan untuk mengolah roti manis, roti kering pastry atau mi. Selain itu, dengan dipadukan teknologi dan kreativitas dapat menjadi olahan pangan yang lebih modern dan menarik,” ungkapnya.

Riyan